Presiden Jokowi Hadiri Perayaan Imlek Nasional di JIEXPO Kemayoran Jakarta

Nasional1424 Views

Jakarta, Victoriousnews.com,-Perhelatan akbar perayaan tahun baru Imlek nasional 2019 yang digelar di Hall B3 & C3 JIEXPO Pekan Raya Jakarta Kemayoran pada Kamis (7/2) disambut sukacita oleh ribuan masyarakat keturunan etnis Tionghoa dan tokoh lintas agama yang hadir. Pasalnya, dalam perayaan Imlek tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjadi tamu istimewa untuk membuka acara sekaligus menyampaikan kata sambutan penting, khususnya kepada masyarakat Tionghoa di Indonesia.

Kehadiran Presiden Jokowi memang menjadi magnet dan sangat dinantikan oleh para hadirin. Meskipun acara baru di mulai pada pukul 10.00, pengunjung telah memadati venue berukuran 22.000 meter persegi tersebut sejak pukul 8.00 pagi.  Ruangan yang telah menjelma menjadi “lautan merah” tersebut menjadi riuh ketika Presiden Jokowi tiba di lokasi. “Jokowi! Jokowi!” demikian teriakan orang-orang yang hadir di lokasi Perayaan Imlek.

Langkah Jokowi menuju ruangan sempat tersendat selama 30 menit. Hal tersebut terjadi lantaran orang-orang yang hadir berebutan ingin selfie dengannya. Setelah Jokowi tiba di ruangan, acara pun di mulai dengan menyanyikan lagu nasional. Indonesia Raya. Jokowi mulai menyapa semua yang hadir ketika ia naik ke atas panggung.

Setelah menyapa, ia sempat diam beberapa menit. Diamnya tersebut membuat seisi ruangan menjadi hening. “Xin Nian Kuai Le,” ujarnya dengan nada terbata-bata. Mendengar ucapannya tersebut, para hadirin histeris.

Selama menjadi presiden, Jokowi mengungkapkan kali ini adalah pengalaman pertamanya menghadiri acara Imlek. “Alasan saya baru pertama kali datang karena selama ini undangan Imlek yang saya terima biasanya terpecah-pecah. Undangan Imlek dari Organisasi A, undangan imlek dari Asosiasi B, pusing saya,” tuturnya.

“Ketika masyarakat etnis sudah bersatu untuk membuat acara Imlek Nasional, saya pasti datang,” tegas Jokowi. Presiden menuturkan bahwa persatuan harus mulai terjalin di masyarakat. Tak hanya antarmasyarakat etnis Tionghoa tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga berpesan, saat Pemilu 17 April nanti agar seluruh masyarakat datang ke TPS masing-masing untuk menyalurkan hak pilihnya. “Jangan sampai ada satupun yang tak hadir di TPS. Jangan mau ditakut-takuti. Dan jangan takut ketika ditakut-takuti,” ujar Presiden.

Tampak hadir dalam perayaan Imlek tersebut adalah Presiden RI ke 5 Megawati Soekarnoputri, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saiffudin, Wakil Presiden Era Soeharto Try Sutrisno, Tokoh Muhamadiyah Buya Syafii Maarif dan masih banyak lagi. GT/Dy-1.foto: eric f