Sambut Perayaan Waisak, Menparekraf Sandiaga Uno Lepas Puluhan Bhikku Thudong dari TMII Menuju Candi Borobudur

News376 Views

Victoriousnews.com,-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga  Uno memperkirakan sekitar 300 ribu wisatawan akan mengunjungi Candi Borobudur dalam rangka menyambut Tri Suci Waisak 2568 BE/2024  yang akan jatuh pada Kamis, 23 Mei 2024. Acara yang akan dilaksanakan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) tersebut diyakini berdampak ekonomi yang signifikan terhadap pengusaha ekonomi kreatif di wilayah tersebut.  “Jadi kita sudah menerjunkan tim untuk mengkaji dampak ekonomi karena ini peristiwa yang sangat kita tunggu. 300 ribu perkiraan yang akan hadir di Borobudur,” ujar Sandi ketika melepas Bhikku Thudong (berjalan kaki) dari  Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menuju Candi Borobudur beberapa waktu lalu.

Menurut Sandi, Candi Borobudur  saat ini sedang dilakukan penataan ulang, termasuk dengan pemasangan chattra yang berhubungan dengan ritual religi umat Buddha. Dengan demikian, diharapkan bisa menarik lebih banyak wisatawan spiritual dari mancanegara maupun lokal. “Hari Raya umat Buddha ini digelar di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Jateng) pada 23 Mei mendatang. Pada tahun ini, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney mengundang 40 Biksu asal Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia,” tandas Sandi.

Direktur Pemasaran & Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengatakan hal senada, yakni occupancy rate hotel-hotel BUMN di dekat Candi Borobudur sudah terisi penuh. Ia mengatakan bahwa hal ini bisa membuat penyebaran penyerapan akomodasi wisatawan ke wilayah aglomerasi Joglosemar atau Jogjakarta-Solo-Semarang SM/*