Gelar Ibadah Syukur Natal & Tahun Baru 2024, Keluarga Besar Majalah Narwastu Kembali Memberikan Penghargaan Kepada 21 Tokoh Kristiani

Dalam Acara tersebut juga mendoakan para caleg Kristiani lintas partai

News, Religi2787 Views
Suasana Ibadah Syukur Natal & Tahun Baru Majalah Narwastu

Victoriousnews.com,-Keluarga besar Majalah Narwastu menggelar ibadah syukur Natal dan tahun baru 2024 yang dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada 21 tokoh Kristiani inspratif pilihan Narwastu, Jumat (12/1/2024). Perhelatan yang  diadakan di gedung Sopo Marpingkir HKBP, Pulogebang, Jakarta Timur  ini tampak dihadiri oleh sejumlah tokoh dan caleg-caleg Kristiani dari berbagai partai politik.

Pdt. Dr. Nus Reimas seusai menyampaikan kotbah

Acara dipandu oleh Pdt. Dr  Tema Adiputra Harefa berduet dengan  Ibu Manria Purba, mengajak para hadirin untuk memuji dan menyembah Tuhan. Disusul taburan firman Tuhan yang disampaikan Pdt. Dr. Nus Reimas mengupas  tentang kelahiran Yesus (Lukas 2: 8-14). “Mengapa pada saat Yesus lahir tidak ada tempat yang layak? Apakah Tuhan tidak sanggup membuat rumah. Dan mengapa Tuhan izinkan, kelahiran Yesus berada dalam kandang yang kotor. Jadi, kotornya tempat itu menandakan tentang kotornya dosa manusia. Jadi Yesus lahir untuk membersihkan kita dari kotoran dosa dan menyelamatkan manusia. Yesus datang dalam keadaan sangat tidak menyenangkan, tapi konsisten menjalani penderitaan  sampai di atas  kayu salib. Semua itu dilakukan, karena kasihNya kepada umat manusia,” ujar Mantan Ketua Umum Persekutuan Gereja & Lembaga Injili Indonesia (PGLII).

Prosesi penyalaan lilin Natal

Dalam momentum perayaan Natal dan memasuki tahun baru 2024, Pdt.Nus Reimas berpesan agar hidup kita terus menyenangkan hati Tuhan. Yaitu; menomorsatukan Tuhan dan menjadi berkat dalam kehidupan kita sehari-hari. “Lalu bagaimana langkahnya agar hidup kita menjadi berkat di tahun 2024? Pertama, kita harus hidup  berpadanan sesuai panggilan Tuhan (Efesus 4:1). Kedua, kita harus hidup dalam pengenalan akan Tuhan. Ketiga, kita harus hidup dalam kasih ( Efesus 5:2). Keempat, kita harus hidup tanpa kebencian di hati. Kelima, Kita harus hidup sebagai anak-anak terang. Keeenam, kita harus setia dan tetap bersyukur kepada Tuhan dalam segala keadaan,” ujar hamba Tuhan yang mengaku telah 41 kali berkunjung ke Yerusalem.

Adik bungsu Ahok, Harrry Tjahaja Purnama (paling kiri/jas hitam) turut serta didoakan dalam ibadah syukur natal & tahun baru Majalah Narwastu, Jumat (12/1/24).

Seusai taburan firman Tuhan, acara dilanjutkan dengan mendoakan para Caleg lintas partai. Dan puncaknya adalah pemberian  penghargaan kepada 21 Tokoh Kristiani Inspiratif 2023 pilihan Majalah Narwastu. “Beberapa kriteria penilaian tokoh Kristiani yang dipilih majalah Narwastu adalah; pertama, seorang tokoh harus aktif dalam pelayanan dan profesional di bidangnya. Kedua,  sering diberitakan di majalah NARWASTu, baik cetak maupun online. Artinya, kriteria dari majalah NARWASTU tokoh pilihan ini adalah figur yang selama ini sering tidak terangkat ke publik,” ujar Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah Narwastu, Jonro I Munthe.

Ki-Ka: Jonro I Munthe,S.Sos (Pemimpin Umum Majalah Narwastu) & Dr. Jose TP Silitonga, SH, MA, M.Pdk (Salah satu penasihat Majalah Narwastu) seusai jumpa pers di Gedung Sopo Marpingkir, Jakarta Timur

Lanjut Jonro, pemberian Award versi Majalah Narwastu kepada tokoh kristiani ini telah berlangsung sejak tahun 2006 hingga sekarang. “Artinya, sudah 17 tahun Majalah Narwastu telah memberikan penghargaan kepada tokoh Kristiani. Nah, memang tahun ini ada sedikit berbeda, karena tahun politik, ada beberapa caleg (DPD,DPR & DPRD) yang kita berikan. Karena kami menilai kiprah serta pelayanannya di mata majalah Narwastu layak untuk diapresiasi. Selain itu, ada beberapa caleg yang kita undang untuk didoakan bersama,” tandas Jonro.

Sementara itu, dalam jumpa pers, salah satu penasihat Majalah Narwastu Dr. Jose T.P. Silitonga, S.H., M.A., M.Pdk,  mengajak seluruh masyarakat maupun umat Kristiani agar kita dewasa berdemokrasi di tengah tahun politik saat ini. Khususnya, dalam kontestasi politik, masyarakat harus siap menerima kekalahan. “Saya melihat kebanyakan dari masyarakat kita hanya siap menang tidak siap kalah. Mari dewasa berdemokrasi, ini sudah terjadi. Jadi yang mau saya lihat lagi di sini, Presiden juga dalam salah satu nawacitanya adalah mencerdaskan bangsa dan membuat Indonesia maju. Tentu itu harus ditopang oleh dasar kader-kader orang-orang pintar, sekarang momentumnya,” tukas mantan ketua DPD Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) DKI Jakarta.

Pria yang meraih gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari IPDN ini  berpesan kepada   para calon legislatif agar tetap konsisten kepada konstituennya, terutama pada saat kampanye dan setelah terpilih. Jose juga  berharap ketika caleg terpilih nantinya tidak lupa kepada tugas dan panggilannya. “Makanya apa sih motivasinya menjadi dewan, mau cari nyaman, pendapatan, kehormatan. Jangan nanti sudah terpilih susah dihubungi, HP-nya mailbox mulu,”  ujar Ketua Dewan Kehormatan Asosiasi Advokat Indonesia (AAI).

Berikut ini nama-nama 21 tokoh Kristiani Tahun 2023 yang menerima penghargaan versi Majalah NARWASTU.  

  1. Dr. Henriette T. Lebang, M.A., Perempuan pertama menjabat Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dan Ketua Umum Lembaga Alkitab Indonesia (LAI).
  2. Disiplin F. Manao, S.H., D.Th saat ini sebagai Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Kota Surabaya.
  3. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd. adalah Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama R.I, mantan rektor Rektor IAKN Manado.
  4. Lily Amelia Salurapa, S.E., M.M., adalah seorang politikus,penyiar Indonesia dan Anggota DPD-RI periode 2019-2024.
  5. Mayjen TNI (Purn.) Karev Bakti Nusa Marpaung, S.Sos., M.M. adalah  purnawirawan TNI AD yang telah menyelesaikan tugas Negara sebagai patriot bangsa di penghujung tahun 2022, mantan  Komandan Pusat Kesenjataan Arhanud Kodiklat Angkatan Darat. Saat ini maju menjadi Caleg DPR RI dari Dapil 1 Sumatera Utara.
  6. Drs. Eddy Ramon Torong, S.H., M.M adalah Managing Director PT Dalan Ersada Service, Bendahara Umum Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI).
  7. Egusem Pieter Tahun, S.T., M.M adalah politisi Indonesia yang menjabat sebagai bupati Timor Tengah Selatan.
  8. Minola Sebayang, S.H., M.H., Pengacara yang mengawali karier sebagai asisten pada kantor hukum Maruli Simorangkir.
  9. Nelson Simanjuntak, S.H. M.Si, mantan Pejabat di Depdagri sebagai Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama, saat ini menjadi pengacara dan eksis.
  10. Richard Bambang Jonan adalah Senior Pastor Keluarga Besar GBI Medan Plaza.
  11. Edison Manurung, S.H., M.M. adalah Ketua Umum DPP Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT).
  12. Martin Lukas Simanjuntak, S.H. Alumnus Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (UKI) yang sedang menyelesaikan Program Magister Ilmu Hukum Universitas Trisakti, pengacara muda kesohor adalah salah satu pengacara Kasus Brigadir J.
  13. Emawaty Tampubolon, S.T., M.Th. adalah Calon DPD RI Dapil Jawa Barat Periode 2024-2029.
  14. Darman Saidi Siahaan, S.H., M.H., adalah calon DPD RI Dapil DKI Jakarta Periode 2024-2029.
  15. Devi Taurisa, S.H., M.H., Caleg DPR-RI periode 2024-2029 Partai: Gerindra, Dapil DKI Jakarta II.
  16. Andris Parengka, S.Pd., M.Div, seorang pendeta.
  17. Richard Manawan, adalah seorang penginjil.
  18. DR. Nus M. Liur, M.Th, CBC, seorang pendeta mantan Ketua Sinode Oikumene.
  19. Ribka Karwur, aktivis di Persekutuan Doa El Shaddai.
  20. Dr.Taufan Hunneman, S.H., M.H., Ketua Umum Forum Bersama Bhinneka Tunggal Ika
  21. Choky Sitohang, artis kini maju menjadi calon Legislatif DPR RI dari Dapil Jawa Barat.(SM)

Comment