Deklarasi Gereja Bethel Injili Nusantara, Pdt. Dr. Melianus Ferry Haurissa,Kakiay (Ketum GBIN): Injil Adalah Kekuatan Allah!

Nasional, News3519 Views

Jakarta,Victoriousnews.com,-Gereja Bethel Injili Nusantara (GBIN) dideklarasikan secara resmi di Graha Oikumene Persekutuan Gereja gereja di Indonesia (PGI), Jl. Salemba Raya No.10, Jakarta Pusat, pada hari Sabtu (17 Juni 2023).

Sebanyak 26 pendeta ditahbiskan dalam deklarasi Gereja Bethel Injili Nusantara (GBIN), di Graha Oikumene PGI, Sabtu (17 Juni 2023)

Acara deklarasi yang diawali dengan ibadah syukur tersebut dihadiri oleh Pdt. Brigjen Pol (Purn) Harsanto Adi,M.Th (Ketua Umum Asosiasi Pendeta Indonesia/API), Pdt. Misterlian Tomana (Ketua Sinode Gereja Sahabat Indonesia/ GSI), Pdt. Dr. Anna Nenoharan, sejumlah tokoh Kristen, Ketua STT, serta ratusan tamu undangan dari lintas denominasi gereja.

Pdt.Dr. Melianus Ferry Haurissa Kakiay, dalam kotbahnya, mengusung, tema “Injil Adalah Kekuatan Allah” (Roma 1:16). “Pembacaan firman Tuhan saat ini dilatarbelakangi oleh kerinduan Paulus untuk membayar hutang “darah”  dalam mengabarkan Injil (Roma 1:14). Karena Rasul Paulus mempunyai keyakinan yang kokoh tentang Injil. Baginya Injil merupakan kekuatan Allah. Maksudnya, Paulus bukan berhutang emas, uang atau perak. Tetapi dia  merasa berhutang kepada semua orang, yaitu hutang mengabarkan Injil keselamatan,” ujar Pdt. Ferry Haurissa yang juga Ketua Umum GBIN.

Pdt. Dr Ferry Haurissa & Pdt. Johnny Lokolo,MA

Menurut Ferry, setidaknya ada 5 alasan mengapa Injil disebut kekuatan Allah yang menyelamatkan. “Pertama,Karena Injil berbicara tentang Yesus Kristus yang lahir, mati, bangkit, naik ke Sorga dan akan datang kembali. Injil itu kabar baik. Kedua, Injil memiliki kuasa (Kis 10: 34-48). Ketiga, Di dalam Injil ada janji pengharapan akan hari esok (1 Pet 1: 1-7). Keempat, Di dalam Injil ada berkat rohani dan jasmani (Ef. 1:1-14). Kelima, Injil berbicara orang percaya akan hidup dalam kuasa di dalam dirinya( Kis 1:8); Yoh 3:34,” tukas Pdt. Ferry yang telah mentahbiskan sebanyak 26 Pendeta yang siap melayani melalui wadah GBIN.

Pdt. Dr.Ferry Haurissa & Pdt. Dr. Berthy L Momor

Lanjut Ferry, bahwa peranan gereja di akhir zaman ini sangat diperlukan oleh masyarakat secara umum. Kenapa? Karena di akhir zaman ini banyak sekali berita-berita yang membingungkan dan tidak menggembirakan serta tidak menjawab tantangan hidup. “Karena itu berita Injil menjadi hal yang utama, dan harus disampaikan kepada semua lapisan masyarakat. Karena Injil adalah kabar baik,” ujar Pdt Ferry.

Menjelaskan mengenai status GBIN yang telah dideklarasikan, Pdt.Ferry menegaskan, saat ini GBIN sedang menuju proses menjadi sebuah sinode. “Tahun depan, kita sudah menjadi sinode. Dan tahun depan Sinode perdana diadakan di Jakarta. Saat ini kita sedang mengikuti Juknis, tinggal 2 langkah saja,” tandasnya.

Ferry berharap kepada para hamba Tuhan yang telah ditahbiskan, agar dapat dengan leluasa melakukan pelayanan di masing-masing gereja lokal. “Melayani Tuhan tanpa ragu dan takut. Karena Republik ini menjamin kebebasan dalam beribadah. Dan rencananya kami akan deklarasikan GBIN ke seluruh Indonesia,” paparnya.

Kenapa namanya Gereja Bethel Injili Nusantara? “Ya karena Ibukota negara nanti kan berganti nama Nusantara. Tapi sebenarnya latar belakangnya, Indonesia itu kan nusantara. Bicara nusantara itu kan lebih luas,” pungkas Ferry menambahkan bahwa visi besar GBIN adalah gereja yang menjadi berkat bagi banyak orang.

Berikut ini adalah 26 nama hamba Tuhan yang dilantik/ditahbiskan dalam deklarasi GBIN pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 di Graha Oikumene PGI lantai 5.

  1. Pdt. Dr. Herry Saragih
  2. Pdt. Junita Friska Hutapea. M.Pd
  3. Pdt. Hendry Remond Patipeilohi, S.Th
  4. Pdt, Dr. Hartanto Lokas. SH
  5. Pdt. Joppie Simion Parasian Siregar, S.Th
  6. Pdt. Johnny Lokolo. MA
  7. Pdt. Dr. Berty L. Momor, M.Th
  8. Pdt. Nelson Tampubolon
  9. Pdt. Samuel Jemmy Alfons, S.Th
  10. Pdt. Dr. Robert Haposan Pandiangan, M.Th
  11. Pdt. Dantje Leppa
  12. Pdt.Samuel Saviro Kloe, M.Th
  13. Pdt.Harman Hadiprodjo, M.Th
  14. Pdm. Eva Tan
  15. Pdm, Rinny Sri Wahyuningtyas
  16. Pdm. Marthen Rery, S.Th pd
  17. Pdm. Maryo Latul
  18. Pdm. Jefry Manumpil
  19. Pdm. Agustina Aer Pelealu, S.Th
  20. Pdm. Tumiar Hutajulu
  21. Pdm. Julius Z Sariowa, S.Th
  22. Pdm. Mira Rosita Tanihatu
  23. Pdp.  Eudia Yudith A Nalle, S Th
  24. Pdp. Daniel
  25. Pdp. Sarno Martogi Opusunggu
  26. Pdp. Intan Amalia

Leave a Reply