Kepegawaian di Otorita IKN Lewat Sistem Mutasi & CASN

Nasional, News359 Views

Victoriousnews.com,-Hingga Maret 2024, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memproses setidaknya 55 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari berbagai instansi yang dimutasikan di Otorita Ibukota Nusantara (OIKN). “Sebagai lembaga baru, rekrutmen OIKN pertamanya dilakukan dari mutasi di beberapa instansi. Yang bersangkutan statusnya menjadi pegawai di OIKN,” tegas Pelaksana Tugas (Plt) BKN, Haryono Dwi Putranto dalam konferensi pers di ruang pers Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta pada Selasa, 19 Maret 2024.

Penyampaian tersebut sebagai informasi terbaru terkait proses mutasi (rekrutmen) Aparatur Sipil Negara (ASN) di OIKN. “Selain melalui mutasi, proses kepegawaian di OIKN dilakukan dengan CASN dalam bentuk pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan telah tercatat 190 orang. BKN sudah menetapkan nomor induknya bagi JPT setingkat eselon satu sejumlah dua orang,” demikian ditambahkan.

“Struktur organisasi di OIKN akan terisi seiring dengan kebutuhan jumlah ASN. Diharapkan, seluruh struktur organisasi terisi, sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya demi mempercepat pelaksanaan di OIKN,” urainya.

Pada Senin, 4 September 2023, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Aswar Anas menyerahkan Dokumen Haluan Pembangunan Bali 100 Tahun di Denpasar (Bali). “Sebanyak 1.800 ASN akan dipindahkan ke Ibukota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur pada Juli 2024. Kemudian menyusul 11.000. Kementerian mana dan siapa yang pindah sudah disimulasikan,” katanya. @epa_phm