Pemilihan Ketum BPP GBI Akan Digelar Dalam Sidang MPL, Sebelum Opening Sidang Sinode GBI XVII

Nasional, News, Religi827 Views

Jakarta,Victoriousnews.com-Sidang Sinode Gereja Bethel Indonesia XVII akan digelar di SICC (Sentul International Convention Center), tanggal 23-25 Agustus 2023.

Perhelatan akbar dengan mengusung tema “Sehati Menuntaskan Amanat Agung” ini diperkirakan dihadiri sekitar 3500 peserta yang akan mengikuti secara onsite maupun secara online. “Peserta sidang sinode terdiri dari para Gembala Jemaat lokal GBI (Pendeta, Pendeta Madya dan Pendeta Pratama), Pendeta yang bukan gembala jemaat, Calon pendeta GBI yang akan dilantik, serta tamu yang diundang oleh BPP GBI, ” ujar Pdt Sekretaris 1 BPP Sinode GBI, Pdt.Dr. Heru Cahyono dalam konpers di Graha Bethel, Selasa (15/8/23).


Menurut Pdt. Heru, ada 733 pendeta yang akan dilantik dalam sidang sinode nanti. Sebelumnya mereka telah mengikuti proses seleksi administrasi. Para calon pendeta minimal harus menjalani masa empat tahun sebagai pendeta madya. Mereka juga harus menjadi gembala jemaat atau wakil gembala. Wakil gembala yang boleh diangkat menjadi pendeta penuh minimal memiliki 300 anggota jemaat. Nah 733 orang ini berasal dari 40 wilayah Badan Pengurus Daerah (BPD), dan 4 BPLN (Badan Pengurus Luar Negeri) dari Asia, Australia, Eropa – Afrika dan Amerika – Canada,” ungkap Pdt Heru Cahyono.

 

Ki-ka: Pdt. Boy Djambek (Sekretaris Panitia), Pdt. Josafat Mesach (Sekum BPP GBI), Pdt. Satria (Ketua Panitia Sidang Sinode GBI XVII) dan Pdt. Heru Cahyono (Sekretaris 1 BPP GBI)

Pemilihan Ketum BPP GBI Periode 2023-2027 akan digelar Secara Tertutup
Sekretaris Umum Badan Pengurus Pusat (Sekum BPP GBI), Pdt. dr.Josafat Mesach, M.Th, menjelaskan, bahwa, sebelum sidang sinode, akan diawali Sidang Majelis Pekerja Lengkap (MPL) GBI tanggal 21-23 Agustus 2023 yang digelar secara tertutup. Sedangkan pembukaan (Opening ) Sidang Sinode XVII GBI akan digelar secara terbuka tanggal 23 Agustus 2023 Pkl.15.00-18.00 WIB. “Jadi penjaringan bakal calon Ketua Umum, sebelumnya sudah dilakukan dalam Sidang Majelis Daerah (SMD) di masing-masing daerah. Kemudian dalam Sidang MPL, yang berhak memilih Ketum adalah anggota MPL adalah hadir secara onsite,’ tukas Pdt.Josafat.

Senada dengan Pdt.Josafat, Ketua Panitia Sidang Sinode GBI XVII, Pdt. Satria, mengatakan, pada tanggal 24-25 juga akan digelar Pastors Conference dan KKR, Sidang Pleno II (Pengesahan hasil sidang MPL dan Pelantikan-pelantikan: Ketua Umum terpilih, Anggota MP, Anggota MPL, Ketua BPD, Pendeta yang lulus ujian, serta Pengurus BPP). “Pasca penyelenggaraan Sidang Sinode XVII GBI; terkait hasil sidang sinode akan disampaikan keterangan resmi hanya oleh Ketua umum dan Sekretaris umum BPP GBI yang terpilih,” ujar Pdt. Satria.

Hadir sebagai narasumber dalam konpers menjelang Sidang Sinode GBI XVII adalah: Pdt dr Josafat Mesach, (Sekum BPP GBI Periode 2019-2023), Pdt. Dr Heru Cahyono (Sekretaris 1 BPP GBI Periode 2019-2023), Pdt Satria (Ketua Panitia/Ketua BPD GBI Jawa Barat) dan Pdt.Boy Djambek (Sekretaris Panitia). SM

Comment