Ketum PGI, Pdt Gomar Gultom Ajak Semua Pihak Siap Menghormati & Menerima Hasil Pemilu 2024

Nasional, News547 Views

Victoriousnews.com,- Pemilihan Umum (Pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kab/Kota, DPD) telah usai digelar pada hari Rabu (14/2/24). Berdasarkan hitung cepat (quick count), Paslon Prabowo Subianto & Gibran Rakabuming Raka unggul untuk sementara. 

Kunjungan Prabowo ke PGI (Medio 19/1/24)
Kika: Capres Prabowo Subianto, Pdt. Gomar Gultom & Maruarar Sirait

Menanggapi hasil sementara Pemilu 2024 paska pencoblosan, Ketua Unum PGI, Pdt. Gomar Gultom  mengajak semua pihak untuk siap menghormati dan menerima hasil Pemilu 2024 dengan lapang dada. “Rakyat sudah menentukan pilihan, dan kita semua harus menghormati hasilnya. Saya berharap semua pihak siap menerima hasil dengan lapang dada,” tukas  Pdt. Gomar Gultom dalam rilisnya yang dikirim pada Kamis (15/2/2024).

Menurut Gomar, hasil penghitungan cepat belum merupakan hasil resmi, meski demikian hasil akhir sudah bisa dibayangkan. Namun sebaiknya semua pihak bersabar menunggu hasil akhir perhitungan manual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pdt. Gomar Gultom menegaskan, sudah saatnya kita kembali merajut persatuan dan persaudaraan, yang sempat terganggu akibat narasi-narasi kampanye lalu, demi Indonesia jaya. Jika ada ketidakpuasan dan merasa keberatan dengan hasil yang ada, hendaknya menempuh jalur yang tersedia disertai bukti dan data pendukung.

Jika mengacu dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024. Sebelumnya, sejumlah lembaga survei, termasuk Litbang Kompas  telah melakukan perhitungan cepat dan menunjukkan pasangan  Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (02) unnggul dalam perolehan suara di atas 55 %. Sedangkan Paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sekitar 25 % dan Paslon  03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperoleh sekitar 16 % suara. SM