Ragam
 

JAKARTA,VICTORIOUSNEWS.COM,-Bakornas Garda Mencegah Dan Mengobati bersama dengan beberapa organisasi masyarakat yang concern terhadap gerakan anti narkoba menggelar pertemuan dengan sejumlah wartawan untuk mengklarifikasi mengenai posisi mereka terkait acara Untukmu Indonesia di Monas, Jakarta pada tanggal 28 April 2018 yang lalu. Konferensi pers ini dirasa perlu, untuk menjelaskan kedudukan dan posisi organisasi-organisasi deklarator anti narkoba bukanlah panitia. Penjelasan ini perlu ditengahkan kepada masyarakat karena dalam perkembangan seusai hari penyelenggaraan acara, banyak informasi yang menjadi viral seputar kesalahan panitia, khususnya dalam proses pembagian sembako kepada masyarakat pemegang kupon yang hadir pada hari itu. Dan informasi itu pun menyangkutkan peristiwa tersebut sebagai pertanggung jawaban organisasi-organisasi mereka.

Ketum Bakornas GMDM, Jefri Tambayong, menegaskan,  bahwa, posisi GMDM dalam acara tersebut adalah sebagai undangan dan bukan panitia. “Kami hadir di sana bukan sebagai panitia. Kami adalah undangan yang diundang untuk mengikuti salah satu acara,” tukas Jefri Tambayong.

Organisasi yang ikut dalam jumpa wartawan tersebut adalah Forum Ketua RT/RW, Lembaga Masyarakat Adat Bogor, Pemuda Indonesia Bersinar (Pionir), Forum Organisasi Kemasyarakatan Anti Narkoba (FOKAN), Ojek On Line (OJOL), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), dan Bikers Betawi Ningrat Community. Organisasi-organisasi ini tidak ada di dalam struktur panitia, karena memang organisasi-organisasi ini hanya pengisi salah satu acara dari 46 acara yang ada dalam susunan acara panitia. Acara yang di isi organisasi anti narkoba itu adalah acara urutan ke delapan dari 46 acara dalam susunan acar panitia. Dan acara tersebut adalah Sambutan dan Deklarasi Anti Narkoba oleh Badaan Narkotika Nasional.

Dalam pertemuan dengan wartawan tersebut mengemuka bahwa penyelenggara acara itu adalah Forum Untukmu Indonesia. Menurut Tambayong, lembaga ini sudah lebih dahulu menyelenggarakan acara yang sama, selain di Jakarta. “Di NTT kalau tidak salah, di Jogja dan di beberapa tempat. Ini yang di Jakarta ini, yang ke tiga atau yang ke empat, kurang lebih,” lanjut Tambayong.

Forum Untukmu Indonesia yang digagas Dave Revano tersebut merupakan unsur kelompok-kelompok masyarakat dari berbagai kepelbagaian sosial. Agama, etnik, politik dan lainnya. Dan untuk itu, Jefri Tambayong berharap agar forum tersebut sesegera mungkin menggelar jumpa wartawan untuk menjelaskan duduk persoalan sesungguhnya kepada masyarakat. Pada kesempatan itu, ucapan turut berduka mendalam bagi keluarga korban meninggal juga dinyatakan.

Tentang Bakornas GMDM. Badan Koordinasi Nasional Garda Mencegah Dan Mengobati (Bakornas GMDM) adalah sebuah lembaga non pemerintah yang independen, tidak berpolitik maupun underbow partai politik tertentu maupun dinaungi atau dibawahi oleh organisasi manapun. Lahir dari kepedulian dan keprihatinan atas maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, bergerak dalam kegiatan pencegahan narkoba dan rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba di tanah air Republik Indonesia.

Bakornas GMDM dalam pelaksanaan kegiatannya bekerjasama dengan institusi pemerintah maupun swasta seperti BNN, Kementerian sosial dan institusi lainnya, sebagaimana visi-misi Bakornas GMDM sendiri, yaitu: untuk membantu pemerintah dalam hal ini. Selain itu Bakornas GMDM juga selalu bermitra dan bersinergi dengan komunitas-komunitas, organisasi-organisasi, lembaga-lembaga, dan siapa saja yang menyerukan anti dan siap perang terhadap kejahatan narkoba di bangsa ini serta menginginkan negeri dan bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

Pada 28 April 2018 lalu, Bakornas GMDM mengadakan giat Deklarasi Anti Narkoba Bersama yang juga telah mendapat penganugerahaan MURI dalam kategori komunitas terbanyak. Pelaksanaan deklarasi ini dilaksanakan di Monas yang saat itu oleh panitia “Forum Untukmu Indonesia” yang pada hari itu tengah menyelenggarakan acara mereka yang bertajuk Untukmu Indonesia dan Pesta Rakyat, diberikan slot waktu kurang lebih sebanya lima belas (15) menit di panggung mereka dengan konten kegiatan kami tersebut bersama dengan perwakilan-perwakilan organisasi, komunitas-komunitas dan elemen masyarakat lainnya sebagai mitra yang mendukung program kegiatan deklarasi tersebut. Yang menjadi mitra utama Bakornas GMDM dalam pelaksanaan “deklarasi anti narkoba bersama” ini adalah PIONIR (Pemuda Indonesia Bersinar), yang pada pelaksanaan kegiatan turut menyumbangkan beberapa hadiah untuk pengunjung yang hadir dalam acara kepada forum untukmu Indonesia, diantaranya: sepeda, kipas angin dan lain sebagainya. Program ini akan terus berlanjut dan bukan hanya sampai kepada deklarasi anti narkoba semata, namun sampai kepada tujuan utama dari program kami yaitu; pembentukan 1 (satu)  juta kader anti narkoba dari berbagai organisasi, lembaga, komunitas dan berbagai elemen dalam masyarakat yang siap membela dan mempertahankan NKRI dari kejahatan narkoba yang telah menjadi ancaman serius bahkan bahaya laten yang akan menghancurkan bangsa dan Negara serta generasi bangsa Indonesia

Pada 2 Juli 2018 mendatang, Bakornas GMDM akan genap berusia 10 tahun dalam berkarya dan mengabdi bagi negeri Indonesia. Suatu usia yang masih sangat muda dan harus terus belajar dan berjuang demi terwujudnya Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba). Margianto

 

https://victoriousnews.com/wp-content/uploads/2018/05/gmdm-4-1024x681.jpghttps://victoriousnews.com/wp-content/uploads/2018/05/gmdm-4-150x150.jpgadminRagamJAKARTA,VICTORIOUSNEWS.COM,-Bakornas Garda Mencegah Dan Mengobati bersama dengan beberapa organisasi masyarakat yang concern terhadap gerakan anti narkoba menggelar pertemuan dengan sejumlah wartawan untuk mengklarifikasi mengenai posisi mereka terkait acara Untukmu Indonesia di Monas, Jakarta pada tanggal 28 April 2018 yang lalu. Konferensi pers ini dirasa perlu, untuk menjelaskan kedudukan dan...Cinta Indonesia