Dengar Keluh-Kesah Mahasiswa Perantauan Di Masa Pandemi Covid-19, Bareskrim Polri Salurkan Bantuan Sembako

Nasional, News1316 Views

Jakarta,Victoriousnews.com,-Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali memberikan bantuan sosial untuk membantu mahasiswa dan pemuda perantauan yang terdampak pandemi Covid-19. Ratusan paket bantuan sembako dari Bareskrim Mabes Polri disalurkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 melalui Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPP GAMKI) dan Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI).

Proses serah terima bantuan dari Bareskrim Polri ke PP GMKI & DPP GAMKI (Jumat, 8/5)

Sekretaris Umum Pengurus Pusat GMKI David Sitorus menyampaikan apresiasi atas kepedulian Mabes Polri untuk membantu teman-teman mahasiswa yang sedang merantau dan terdampak Covid-19.

“Setelah mendapatkan sembako pada hari Jumat lalu (8/5), kami langsung menginventarisir beberapa kelompok mahasiswa yang sangat membutuhkan bantuan ini dan selama beberapa hari ini telah kami salurkan kepada mereka,” kata David Sitorus di Jakarta pada hari Rabu (13/5/2020).

David menyampaikan bahwa para mahasiswa perantauan yang mendapatkan sembako membutuhkan bantuan dikarenakan orangtua mereka di daerah turut terdampak pandemi, dimana pekerjaan sehari-hari orangtua mereka terganggu akibat wabah Covid-19.

Sejumlah mahasiswa di perantuan tampak gembira setelah menerima bansos.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Kabareskrim, Komjen Listyo Sigit Prabowo yang telah mendengar keluh-kesah kami. Para mahasiswa dan pemuda perantauan kesulitan mengakses bantuan karena kebanyakan masih ber-KTP daerah. Mereka terlihat sangat senang saat mendapatkan bantuan sembako ini,” ujar David.

Bantuan disalurkan pengurus GAMKI dan GMKI kepada mahasiswa dan pemuda perantauan selama seminggu, sejak hari Jumat, 8 Mei 2020 hingga hari Jumat, 15 Mei 2020.

Bantuan sembako berisikan beras, gula, dan minyak diserahkan Bareskrim Polri kepada DPP GAMKI yang diwakilkan Sekretaris Umum, Sahat Martin Philip Sinurat dan PP GMKI yang diwakilkan Sekretaris Umum, David Sitorus pada hari Jumat lalu (8/5) di Graha Oikumene, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat. Selain sembako, juga diberikan bantuan berupa puluhan botol cairan desinfektan beserta alat penyemprot dan juga masker untuk membendung rantai penyebaran covid 19.

Sementara itu, Sekretaris Umum DPP GAMKI, Sahat Martin Philip Sinurat menyampaikan bahwa bantuan sosial ini disalurkan kepada mahasiswa, pemuda, dan masyarakat kurang mampu di sejumlah wilayah di DKI Jakarta.

“Bantuan dari Bareskrim Polri telah disalurkan melalui Satgas Barisan Serba Guna (Brisena) Krisis Covid-19 GAMKI sejak hari Jumat lalu. Rencananya hari Kamis besok kami masih bergerak membagikan sembako, yaitu kepada mahasiswa dan pemuda perantauan asal Papua,” jelas Sahat.

Sahat mengatakan di tengah situasi pandemi ini, semua pihak harus saling bergotong-royong untuk meringankan beban masyarakat. Langkah-langkah pemerintah dalam menangani pandemi covid-19 harus didukung, agar kita bisa bersama-sama bisa sehat dari pandemi covid-19 ini.

“Kami mengapresiasi Kepolisian melalui Bareskrim Polri yang telah ikut bergotong-royong bersama kami untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya para mahasiswa dan pemuda perantauan. Di masa keadaan darurat kesehatan masyarakat ini, jangan sampai ada satu orang pun yang ketinggalan. Semua harus mendapat perhatian sebagai saudara sebangsa dan setanah air,” pungkas Sahat.

Bareskrim Mabes Polri yang dipimpin Kabareskrim Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo bekerjasama dengan sejumlah organisasi kepemudaan dalam penyaluran bantuan sosial kepada mahasiswa, pemuda, dan masyarakat terdampak Covid-19. Selain bekerjasama dengan DPP GAMKI dan PP GMKI, Bareskrim Polri juga bekerjasama menyalurkan bantuan sembako dengan PB SEMMI, Leppami PB HMI, dan organisasi lainnya selama masa pandemi Covid-19 ini. *SM

Leave a Reply