Jakarta, Victoriousnews.com,-Setelah 4 jam menggelar Fit & Proper Test (Uji Kelayakan & Kepatutan), akhirnya secara aklamasi Komisi III DPR sepakat menyetujui Calon Kapolri Komjen Drs. Listyo Sigit Prabowo., M.Si sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun bulan Februari mendatang. “Berdasarkan pandangan dan catatan fraksi, pimpinan dan anggota Komisi III secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri,” ujar Ketua Komisi III Herman Hery, Rabu (20/1/21) di komplek parlemen Senayan, Jakarta.

Lanjut Herman, atas persetujuan ini, Komisi III akan segera bersurat kepada pimpinan DPR untuk mengagendakan rapat paripurna pengesahan Kapolri terpilih. “Selanjutnya ditetapkan dalam rapat paripurna terdekat dan akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan,” tandasnya.

Sebelumnya, Komjen Listyo Sigit Prabowo memaparkan ingin mewujudkan Polri Presisi jika kelak menjadi Kapolri. Apa maksud Polri Presisi? “Merupakan abreviasi dari PREdiktif, responSIbilitas, dan transparanSI berkeadilan yang kami perkenalkan sebagai konsep Polri yang Presisi. Konsep inilah yang akan mewarnai Polri ke depan,” tukas Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam paparannya saat menjalani fit and proper test dengan Komisi III DPR RI.

Sebanyak 9 fraksi yang menyetujui Komnjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri adalah: PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, Demokrat, PKS, PAN, dan PPP. SM

READ  IPTAA: Ada Kode Etik dalam Menjalankan Wisata Rohani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *