Nasional News

Pembukaan Sidang Sinode GBI XVI, Prof. Dr. Thomas Pentury., M.Si Mengapresiasi GBI Telah Memiliki 3,2 Juta Jemaat

Dirjen Bimas Kristen, Prof. Thomas Pentury memukul gong, membuka Sidang Sinode GBI XVI (Selasa, 27/8)

SENTUL,Victoriousnews.com,-Perhelatan akbar Sidang Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) XVI yang diselenggarakan di Sentul International Convention Center (SICC), Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa-Barat (27 sd 30 Agustus 2019) mengusung tema “Great Harvest” (Tuaian Besar) dan Sub Tema : Menuai Dengan Kuasa Roh Kudus.

Acara besar yang dihadiri oleh 4284 hamba Tuhan di seluruh Indonesia ini dibuka secara resmi dan ditandai pemukulan gong sebanyak 3 kali oleh Dirjen Bimas Kristen RI, Prof. Dr. Thomas Pentury., M.Si, (Selasa, 27/8) pukul 16.30 Wib.
Tampak hadir dalam opening ceremony adalah Prof. Dr. Thomas Pentury.,M.Si, Pdt. Dr. Japarlin Marbun (Ketua Umum BPH GBI) beserta jajaran pengurus inti BPH GBI, Pdt. Dr. Jacob Nahuway, Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham, Pdt. Dr. Ferry H Kakiyai, Pdt. Dr. Abraham Conrad Supit, pimpinan Church of God (USA), Pdt Dr Henriette Tabita Hutabarat-Lebang (Ketum PGI), Lisa Mulyati, S.Sos, M.Si (Pembimas Kristen Kanwil DKI Jakarta, Pdt. Yerry Tawalujan (Ketum Gerkindo), dan masih banyak lagi.
Pdt. Dr. Japarlin Marbun dalam kotbahnya mengutip firman Tuhan yang terambil dalam KPR 1:8 dan Matius 28: 19-20. “GBI dipanggil Allah untuk menyelesaikan Amanat Agung dengan kuasa Roh Kudus. Selanjutnya, setiap orang yang diselamatkan Injil Kristus, mereka harus alami pertumbuhan rohani sesuai dan diperlengkapi untuk membangun tubuh Kristus. GBI juga berperan membangun karakter dan mendewasakan anggota jemaat sehingga menjadi serupa dengan Kristus,” ungkap Pdt. Japarlin.
Pdt. Japarlin juga menjelaskan mengenai 7 pokok pelayanan GBI, yakni: Penginjilan, Pengajaran, Penggembalaan, Persekutuan, Peribadahan, Pelayanan dan penatalayanan.
Pdt. Sutadi Rusli selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan, bahwa, dari 2700 pendeta (Pdt) yang terhisap dalam Gereja Bethel Indonesia yang telah hadir dan mendaftar adalah 2079 orang. Sehingga sidang sinode ini telah mencapai kuorum. Luar biasa teman-teman pendeta datang dari berbagai macam daerah. Mereka begitu antusias untuk hadir di tempat ini mengikuti sidang hingga tanggal 30 nanti. Sedangkan Pendeta muda (Pdm) yang terdaftar berjumlah 1600 orang. Dan Pendeta pembantu (Pdp) sebanyak 605 orang. Totalnya 4284 orang. Jumlah ini juga termasuk 900 calon pendeta penuh yang beberapa waktu lalu tgl 24-27 Agustus mereka telah mengikuti Diklat yang diadakan di Royal Safari Garden, Cisarua. Mereka telah bersama- sama dengan kita untuk mengikuti sidang Sinode ke XVI ini,” tutur Pdt. Sutadi Rusli.
Lanjut Pdt. Sutadi, dalam penyelenggaraan sidang sinode ini, Panitia juga menggunakan 30 hotel yang berada di sekitar Sentul, Bogor dan Cisarua sebagai tempat menginap peserta. “Panitia juga menggunakan 90 bis untuk transportasi dari setiap hotel-hotel yang sudah kita sediakan. Saya bersama panitia yang ada berusaha sebaik- baiknya untuk melayani saudara semua. Tetapi sekiranya jika ada hal- hal yang kurang berkenan,saya mohon dengan hormat bersama panitia memohon untuk dimaafkan,” tukas Pdt. Sutadi.
Sementara itu, Dirjen Bimas Kristen, Prof. Dr. Thomas Pentury dalam kata sambutannya, mengatakan bahwa, sesuai data, jumlah jemaat GBI adalah 3,2 juta jiwa dengan 6035 (gereja lokal/jemaat). “Visi dari pendiri GBI, Pdt. H.L Senduk, adalah 10.000 gereja lokal/jemaat. Sebuah visi yang luar biasa yang telah dicanangkan oleh pendiri gereja bethel Indonesia,” ujar Prof. Thomas Pentury.
Lanjut Prof. Thomas, bahwa perjalanan gereja saat kita banyak mengalami tantangan yang tidak ringan. “GBI didukung dengan beberapa lembaga telah melakukan riset penting, mencatat bahwa pertumbuhan gereja hasil penginjilan masih jauh dari harapan gereja-gereja di Indonesia,” papar Prof Pentury mengapresiasi keberadaan GBI menjadi salah satu sinode dengan jumlah jemaat luar biasa banyak dari 324 sinode yang bernaung dalam 8 aras gereja nasional.
Prof Thomas juga berpesan, melalui Sidang Sinode XVI ini diharapkan dapat memberikan sumbangan-sumbangan positif bagi pembangunan gereja dan bagi pembangunan bangsa.
Pada hari kedua, Rabu (28/8) Sesuai agenda dari Panitia, akan diadakan pemilihan Ketua Umum BPH periode 2019 sd 2024. Ada 4 calon yang akan bertarung memperebutkan kursi GBI 1 yang akan dipilih oleh 2079 Pendeta (Pdt), yakni: Pdt. Dr. Japarlin Marbun, Pdt. Dr.Yakub Nahuway, Pdt. Dr. Rubin Adi Abraham dan Pdt. Dr. Ferry Haurissa Kakiyai. SM

READ  Pdt. Oke F Supit,SH.,MH (Rohaniwan): Dalam Skala Kecil, Memaknai Semangat Pahlawan Itu Adalah Seseorang Yang Berkorban & Bermanfaat Bagi Orang Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *