Jakarta,Victoriousnews.com,-Keluarga besar Majalah Narwastu menggelar ibadah Natal 2022 dan tahun baru 2023 di Gedung Sopo Marpingkir,HKBP Cakung, Jakarta Timur, Jumat (13/1/23). Acara ini dirangkai dengan pemberian penghargaan (Award) kepada 21 tokoh Kristiani inspiratif 2022 pilihan Narwastu yang terdiri dari berbagai latar belakang profesi, suku, ras dan denominasi gereja. Tokoh Kristiani yang terpilih mendapatkan penghargaan adalah mereka yang sering diberitakan dan profilnya telah dimuat di majalah Narwastu.

       Tampak hadir dalam acara tersebut adalah sejumlah tokoh Kristiani seperti; Pdt.Dr. Nus Reimas, Pdt. Dr. Anna B Nenoharan, Jhon SE Panggabean,SH.,MH (Wakil Ketum DPN PERADI-SAI/Penasihat Perwamki), Dr. Jose Silitonga, SH, Mantan Hakim Agung RI, Dr. HP Panggabean, dan masih banyak lagi.

Pdt. Dr. Nus Reimas ketika menyampaikan kotbah natal majalah Narwastu di Gedung Sopo Marpingkir, Jumat (13/1/23)

   Pdt. Dr. Nus Reimas dalam kotbahnya, mengupas tema “Damai Sejahtera di Bumi diantara Manusia yang berkenan kepadaNya” (Lukas 2: 14b. Mantan Ketum PGLII ini mengajak para hadirin agar tidak kuatir dan tetap tenang dalam menghadapi tahun 2023 yang belakangan ini diprediksi banyak pengamat akan terjadi resesi ekonomi global. Sesuai tema, setidaknya ada 3 hal penting memaknai Natal dalam kehidupan kita. Pertama, kita harus bersukacita dalam merayakan (Celebrate), seperti yang ditulis dalam kitab Filipi 4 : 4, ‘Bersukacitalah Senantiasa….’. “Perayaan hari kelahiran itu biasanya dirayakan saat orangnya masih hidup. Nah saat ini Yesus sudah mati di kayu salib. Tetapi Dia selalu hidup dalam hidup kita. Oleh karena itu memaknai Natal bukan hanya bulan Desember saja. Melainkan harus dimaknai setiap hari. Karena Natal adalah kesukaan besar maka bersukacitalah senantiasa,” tukas  Pdt Nus Reimas yang juga pernah menjabat Direktur Nasional Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia (LPMI) 1999-2011.

See also  Silang Media Film & Pertunjukan “SETELAH LEWAT DJAM MALAM” Akan Dipentaskan 2 & 3 Desember 2022 di Taman Ismail Marzuki
Penyalaan lilin dalam perayaan natal & tahun baru keluarga besar  Majalah Narwastu di gedung Sopo Marpingkir, Cakung Jaktim, Jumat (13/1/23)

   Lanjut Nus, poin penting kedua dalam memaknai Natal, adalah Anugerah Keselamatan yang diberikan kepada kita manusia berdosa secara gratis.  “Kelahiran Yesus, sang Tuhan Allah yang menjelma menjadi manusia datang ke dunia adalah suatu anugerah keselamatan bagi manusia berdosa. Kita harus tetap tenang dalam situasi apapun, karena anugerah keselamatan telah diberikan kepada kita. Jadi jangan Cengeng ketika kita mengalami pergumulan. Dalam susah maupun senang, kita harus bersyukur karena ada Tuhan Yesus sang juruselamat,” ujar Pdt, Nus sembari mengutip nats Injil Lukas 2 ayat 14b dan 1 Korintus 15 : 57-58.

    Poin ketiga adalah Berdamai atau Rekonsiliasi Antara Manusia dengan Tuhan. Tujuan Yesus datang ke dunia adalah untuk menebus dosa manusia. Buktinya, karena dosa manusia, IA rela mati di kayu salib. Dan kita yang telah ditebus dosanya, kemudian diangkat menjadi anak-anak-Nya. “Makanya kita harus menjaga hubungan dengan Tuhan Yesus, dimanapun berada. Baik di lingkungan kerja, kehidupan sehari-hari, masyarakat maupun dalam keluarga,” ujar Pdt. Nus yang pada tanggal 21 Januari genap melewati 50 tahun pelayanan di ladang Tuhan.

Jonro I Munthe (S.Sos) bersama istri

   Sementara itu, Pemimpin Umum sekaligus redaksi, Jonro I Munthe, S.Sos, mengungkapkan, tokoh Kristiani pilihan narwastu ke depan bisa membangun peradaban di tengah bangsa. “Maksudnya berbuat sesuatu yang bisa mempengaruhi kehidupan bangsa. Ya memang penilaian ini secara subyektif versi majalah Narwastu. Karena sebelum dipilih menjadi tokoh Kristiani, profil mereka telah dimuat di majalah Narwastu. Saat pemilihan tokoh, kami redaksi bersama dengan para penasehat berdoa terlebih dahulu meminta hikmat Tuhan siapa-siapa tokoh yang layak dan dipilih yang mendapatkan penghargaan tersebut,” ujar Jonro yang saat itu juga menerima ulos doa dari mantan Hakim Agung RI, Dr. HP Panggabean (Ketum Kerabat). Ulos tersebut merupakan tanda kasih, karena Jonro dinilai  sebagai figur yang kerap mengangkat tokoh-tokoh Kristiani yang Pancasilais.

See also  Pdt. Oke F Supit,SH.,MH (Rohaniwan): Dalam Skala Kecil, Memaknai Semangat Pahlawan Itu Adalah Seseorang Yang Berkorban & Bermanfaat Bagi Orang Lain

   Menurut Jonro, pemberian penghargaan kepada 21 tokoh pilihan Narwastu ini sudah dilakukan sejak tahun 2007. “Pemberian award ini harus kita lakukan secara konsisten. Kami tidak pernah akan berhenti untuk memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh Kristiani. Nah pada kesempatan ini, penasehat juga sangat berperan. Mungkin saya tidak bisa melakukan apa-apa tanpa dukungan dari Bapak/Ibu penasehat Majalah Narwastu,” tukas Jonro .

St.Drs Hardy Tobing ketika menyampaikan kata sambutan

  Salah satu penasihat Majalah Narwastu, St. Drs. Hardy Tobing,  berharap, ke depan, para tokoh penerima penghargaan, lebih termotivasi dan tidak berhenti sampai disini. “Ke depan para tokoh yang telah menerima penghargaan harus meningkatkan pelayanannya.Seperti halnya ketika saya mendapatkan penghargaan pada tahun 2012. Semula saya menganggap, penghargaan  sebagai tokoh terlalu tinggi. Tetapi, ternyata setelah diangkat sebagai tokoh, saya makin bersemangat melakukan pelayanan-pelayanan, dan berkembang tidak hanya di kalangan gereja sendiri, tapi juga pelayanan di tempat lain,” ungkap St. Drs. Hardy Tobing saat Konpers mendampingi Pemimpin Umum Majalah Narwastu, Jonro I Munthe seusai acara.

ki-ka: Pengacara senior, Dr, Jose Silitoga, Jhon SE Panggabean, Dr. HP Panggabean dan salah satu penasihat Narwastu St.Drs Hardy Tobing

  Berikut ini adalah nama-nama 21 tokoh Kristiani 2022 pilihan Majalah Narwastu: (1) Lettu (Purn) Ev. Drs. Asikin Baiin, M.M, (2) Pdt. Mangatur Manurung, M.Th, (3) Dr. Oditha R. Hutabarat, (4) Brigjen Pol. (Purn) Anton Tifaona, (5) Pdt. Risto Efraim Andaki, S.Th, (6) Drs. Jerry Sirait, (7) Ramles Manampang Silalahi,  (8) Dr. Serirama Butarbutar, S.E., S.H., M.Si, (9) Anita Redya Lubis boru Manurung, S.H., (10) Adoe Yuliana Elizabet, S.Sos,  (11) Artha Berliana Samosir Pakpahan, S.H.,  (12) Dr. Harun Natonis, (13) Drs. Tigor Tampubolon,  (14) drg. Angki Gading Mangiri, (15) Ramses Simanullang, S.E., M.Si,  (16) Paulus Sudamo, (17) Pdt. Dr. Alvonce Poluan, M.Th. M.Pd M.M , (18) Dr. Finsensius P. Mendrofa, S.H., M.H. CLA , (19) Bene Dionysius Rajagukguk,  (20) Agus Rihat Manalu, S.H., M.H., dan (21) Dr. Semuel Linggi Topayung. SM

See also  Dr. Ir. Benny Hutahayan, M.Th Terpilih Sebagai Ketua IKA STT REM

Leave a Reply

Your email address will not be published.