Aksi Donor Darah Peringati HUT ke 59 Dirjen Lapas, Drs.Sahrianta Tarigan,MA (Pengurus PMI DKI Jakarta): Makin Sering Donor, Tubuh Kita Makin Sehat

Hukum & HAM, News, Ragam1063 Views

Jakarta,Victoriousnews.com,- Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 tahun 2023 jajaran Direktorat Jendral Pemasyarakatan Kementerian Hukum & HAM RI menggelar Aksi Donor Darah sebagai  wujud kepedulian terhadap sesama. Dengan mengusung tema “Bakti Untuk Indonesia”, pelaksanaan donor yang dikuti 300 orang pegawai/petugas pemasyarakatan ini digelar di Aula Graha Bhakti Pemasyarakatan lantai 6, jalan Veteran No.11, Jakarta Pusat, Selasa (7/3/23).

Salah satu pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Drs. Sahrianta Tarigan.,MA, menjelaskan, 3 poin penting keuntungan melakukan donor darah. “Di dalam tubuh kita mengalir 6-7 Liter darah.  Nah kalau diambil 350 Cc dengan kebesaran Tuhan, maka akan tumbuh secara otomatis sel baru. Semakin sering kita berdonor darah, maka sel tubuh kita semakin baru dan justru membuat kita semakin sehat,” ujar Mantan Anggota DPRD DKI Jakarta 2 periode (2004-2014).

Pengurus PMI DKI Jakarta, Drs. Sahrianta Tarigan,MA ketika menyampaikan sambutan dalam aksi donor darah HUT ke 59 Dirjen Lapas, Selasa (7/3/23)

Menurut Sahrianta, di era sekarang teknologinya sudah sangat canggih. Karena ketika kita melakukan donor darah, maka akan langsung diketahui 4 penyakit yaitu: Hepatitis C, B, HIV dan Aids. “Makanya kalau memilih menantu laki-laki harus tanya dulu Kartu donornya hehehe. Kasihan anak kita yang Perempuan, jika sampai tertular penyakit tersebut,” tandas Pria kelahiran 9 Agustus 1962.

Sahrianta berujar, jika setiap orang melakukan donor darah secara rutin, maka akan banyak sekali menolong orang lain yang membutuhkan. “Kalau rutin donor darah, maka  sangat membantu manusia dan PMI. Karena sampai saat ini, kita butuh darah 1200 kantong/hari,” pungkasnya.

Sahrianta Tarigan berpose bersama Dirjen Lapas, Irjen.Pol. Dr. Reynhard Saut Poltak Silitonga

Sementara itu, Dirjen Pemasyarakat Kemenkumham, Irjen.Pol. Dr. Reynhard Saut Poltak Silitonga, S.H., M.H., M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut digelar sebagai bagian rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke- 59 yang puncaknya akan jatuh pada 27 April mendatang. Kegiatan ini sebagai bentuk kegiatan sosial yang bertujuan untuk membantu mereka yang membutuhkan darah. “Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegawai atas partisipasinya dalam kegiatan donor darah ini. Kegiatan yang kita lakukan ini merupakan bakti kita semua untuk Indonesia dan merupakan wujud nyata kami sebagai bagian dari Kemenkumham untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat dan kemanusiaan. Semoga tetes darah yang kita donorkan hari ini dapat menolong saudara-saudara kita di kemudian hari,” Ujar Reynhard Silitonga

Dirjen PAS juga menambahkan, kegiatan donor darah ini juga bertujuan agar terbentuknya Petugas Pemasyarakatan yang sehat serta peduli dengan sesama karena setetes darah yang diberikan akan sangat berarti bagi kehidupan orang lain.  “Mari kita berbuat kebaikan untuk menolong orang lain,” ujar Pria kelahiran 8 September 1967, yang sejak 4 Mei 2020 menjabat sebagai Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham. SM

Comment