Misteri Angka 808

News, Opini920 Views

 

Victoriousnews.com,-Waktu itu, Senin, 8 Agustus 2022, Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi (Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia/Kapolri) melantik Irjen Pol Drs Syahar Diantono MSi sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan/Kadiv Propam) Polri. Penunjukkan Kadiv Propam tersebut untuk menggantikan posisi Ferdy Sambo yang dicopot dari jabatannya akibat tersandung kasus pembunuhan berencana sang ajudan pribadi. Ferdy Sambo divonis hukuman mati oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (tingkat pertama). Vonis hukuman mati dikuatkan putusan banding Pengadilan Tinggi DKI Jakarta (tingkat kedua).

Setahun berlalu. Selasa-Rabu, 8-9 Agustus 2023 menyeruak kabar putusan Kasasi Mahkamah Agung Republik Indonesia yang menyatakan, Ferdy Sambo diputus penjara seumur hidup. “Pada Selasa, 8 Agustus 2023 dan bertempat di Gedung Mahkamah Agung Republik Indonesia, Jalan Medan Merdeka Utara, Mahkamah Agung Republik Indonesia telah memeriksa dan memutus perkara pidana atas nama para terdakwa, yaitu Ferdy Sambo, Ricky Rizal Wibowo, Kuat Ma’ruf, dan Putri Candrawathi,” demikian pers release putusan perkara Ferdy Sambo dan kawan-kawan.

Lebih lanjut pers release, Dr Sobandi SH MH (Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung Republik Indonesia) menyampaikan, amar putusan perkara nomor 813K/Pid/2023 atas nama terdakwa Ferdy Sambo SH SIK MH pada tingkat pertama dijatuhkan Pidana Mati dan pada tingkat banding menguatkan putusan tingkat pertama. Selanjutnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan Terdakwa mengajukan Kasasi. Majelis Kasasi menolak permohonan Kasasi baik dari pihak JPU maupun Terdakwa dengan Amar Putusan Tolak Kasasi JPU dan terdakwa dengan perbaikan kualifikasi tindak pidana menjadi; pertama, Melakukan pembunuhan berencana secara bersama-sama dan tanpa hak melakukan tindakan yang berakibat sistem electronik tidak bekerja sebagaimana mestinya yang dilakukan secara bersama-sama, dan kedua, Pidana penjara seumur hidup terhadap terdakwa Ferdy Sambo.

Keempat perkara termasuk nomor 814K/Pid/2023 dengan Terdakwa Ricky Rizal Wibowo, nomor perkara 815K/Pid/2023 (terdakwa Kuat Ma’ruf), dan nomor perkara 816K/Pid/2023 (terdakwa Putri Candrawathi) diadili Majelis Hakim, yaitu Dr H Suhadi SH MH sebagai Hakim Ketua Majelis serta Suharto SH MHum, Jupriyadi SH MHum, Dr Desnayeti M SH MH dan Yohanes Priyasa SH MH masing-masing sebagai Hakim Anggota. Dalam perkara 813K/Pid/2023 dengan terdakwa Ferdy Sambo terdapat perbedaan pendapat (Dissenting Opinion) oleh Hakim Agung Jupriyadi dan Hakim Agung Desnayeti.

Kabar tersebut seakan membelah kesunyian misteri 808 (8 Agustus 2023). Tidak seperti ajang olahraga Olimpiade ke-29 (Games of the XXIX Olympiad) yang dipromosikan jauh waktu sebelum pembukaan pada Jumat, 8 Agustus 2008.

Sebagai ‘pemilik’ kelahiran tanggal 8 Agustus (1973), saya merespon informasi kegiatan yang disampaikan account Instagram @sksg_ui. Pada account tersebut disampaikan bahwa Sekolah Kajian Statejik dan Global Universitas Indonesia menyelenggarakan Kuliah Umum Kebangsaan: Menyongsong Hari Kemerdekaan 17 Agustus beserta link pendaftaran peserta. Kuliah umum kebangsaan diselenggarakan pada Selasa, 8 Agustus 2023 di Aula lantai 5 Gedung IASTH Kampus Universitas Indonesia siang dan menghadirkan narasumber tunggal Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa SE MA MSc MPhil PhD. Informasi tersebut masuk empat hari sebelum penyelenggaraan atau 4 Agustus 2023.

Sehari sebelum menapaki tanggal 8 Agustus 2023 muncul sejumlah informasi di media sosial yang menyampaikan berbagai event, seperti Forum Diskusi Sentra Penegakkan Hukum Terpadu bertema “Wujudkan Pemilu Bersih” di Surabaya (Jawa Timur). Forum ini dihadiri Prof Dr H Mohammad Mahfud Mahmodin SH SU MIP (Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan) dan Dra Hj Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur) serta sejumlah nara sumber lain.

Pada 08-08-2023 juga diselenggarakan Rapat Pimpinan MPR-RI dalam rangka Persiapan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2023 serta Persiapan Peringatan Hari Konstitusi dan HUT Ke-78 MPR RI di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 9, Gedung Nusantara III MPR.

Road to ASEAN SUMMIT 2023; Kota Cerdas ASEAN, Tingkatkan Kualitas Hidup yang menghadirkan Heru Budi Hartono SE MM (Pejabat Gubernur DKI Jakarta) sebagai salah seorang nara sumber, Seminar Penguatan Tata Kelola Kelautan Berkelanjutan dan Berkeadilan dalam Rencana Pembangunan Nasional dari Ruang Rapat Djunaedi Hadisumarto di Gedung Bappenas (Jalan Taman Suropati Nomor 2, Jakarta) dengan Keynote Speaker Dr (HC) Ir H Suharso Monoarfa MA (Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional).

Seminar Nasional Kajian Tengah Tahun Indef; Menolak Kutukan Deindustrialisasi Menuju Pengarusutamaan Industrialisasi Hijau dengan Keynote Speaker Jenderal TNI Luhut Binsar Panjaitan MPA (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman), Opening Ceremony iGeo; 19th Internasional Geography Olympiad yang menghadirkan Nadiem Anwar Makarim BA MBA (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) dan Dr H Mochamad Ridwan Kamil ST MUD (Gubernur Jawa Barat) serta sejumlah Nara sumber lain.

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Perbara) yang didirikan di Bangkok (Thailand) pada 8 Agustus (1967) yang mendapat ucapan selamat dari sejumlah instansi pemerintah Republik Indonesia.

Dalam suatu tayangan video media sosial, kelahiran tanggal 8 termasuk satu di antara tujuh yang keramat dan ucapannya menjadi kenyataan. “Tanggal lahir 8 adalah sosok yang kreatif dan produktif, pandai berbisnis dan mampu menyelesaikan masalah yang menyangkut orang banyak. Kelebihannya adalah pada penglihatannya lewat mimpinya yang sering menjadi kenyataan,” demikian dijelaskan.

Beberapa kegiatan tersebut turut saya ikuti. Bahkan, pada Selasa, 8 Agustus 2023 memulai kegiatan saat melayani transaksi atau pembelian token listrik, pulsa, dan top-up digital di sepanjang hari. Saya juga turut mendaftarkan diri sebagai peserta Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 pada Kamis, 17 Agustus 2023. Pendaftaran gagal melanjutkan isian formulir google karena dari Nomor Induk Kependudukan (NIK) terdeteksi belum atau tidak mengikuti vaksin ketiga.

Forum Diskusi Sentra Penegakkan Hukum Terpadu bertema “Wujudkan Pemilu Bersih” di Surabaya (Jawa Timur) saya ikuti lewat siaran YouTube dari sebuah rumah makan di wilayah Kelapa Gading (Jakarta Utara). Forum ini dihadiri Prof Dr H Mohammad Mahfud Mahmodin SH SU MIP (Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan) dan Dra Hj Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur) serta sejumlah pejabat lainnya.

Pada 08-08-2023, saya juga menghadiri Kuliah Umum Kebangsaan; Menyongsong Hari Kemerdekaan 17 Agustus oleh Jenderal TNI Purn Muhammad Andika Perkasa SE MA MSc MPhil PhD di Aula lantai 5, Gedung IASTH Kampus Universitas Indonesia, Salemba (Jakarta Pusat).***

Leave a Reply