Rayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-78, GBI Maple Park Gelar Pengobatan Gratis !

News, Ragam, Religi1442 Views

Jakarta,Victoriousnews.com,-Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke- 78, GBI Maple Park penggembalaan Pdt. Ferry Iskandar menggelar kegiatan pengobatan gratis di Altar Hall 105 Tower A, Apartemen Maple Park, Jalan HBR Motik No.2, Sunter Agung Jakarta Utara, Sabtu (12/8/2023).

 

Pengobatan gratis yang dimulai pukul 10.00-14.00 Wib ini diberikan kepada masyarakat umum, penghuni Apartemen, serta warga yang tinggal di sekitar Apartemen Maple Park, dengan melibatkan tim medis dari Ikatan dokter GBI, BPD GBI DKI Jakarta, serta kepanitian lokal dari para pengerja GBI Maple Park. Adapun pemeriksaan kesehatan yang dilakukan adalah: cek gula darah, kolesterol, asam urat, serta pemeriksaan kesehatan mata.

Pdt. Agus Irawan (Sekretaris 1 BPD GBI DKI Jakarta)

Sekretaris 1 BPD GBI DKI Jakarta, Pdt. Agus Irawan, mengatakan, tujuan dari pengobatan gratis ini agar masyarakat di lingkungan sekitar GBI Maple Park semakin sehat. “Ya kegiatan ini adalah dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke- 78. Jadi GBI Maple Park ambil bagian dengan melakukan pengobatan gratis. Puji Tuhan, saya melihat warga di sekitar Apartemen Maple Park sangat antusias. Buktinya,mereka sudah mulai antri sejak pagi , dan sudah lebih dari 130 orang yang memeriksakan kesehatannya,” ujar Pdt. Agus Irawan yang juga menjabat kepala kantor sekretariat BPD GBI DKI Jakarta.

Pdt.Agus juga menjelaskan, bahwa, pengobatan gratis ini selain pemeriksaan tensi darah, cek gula darah, kolesterol, dan asam urat, juga ada pemeriksaan kesehatan mata. ” Kacamata (khusus baca) yang disediakan ada 250 buah. Mereka harus diperiksa terlebih dahulu dan diberikan secara gratis. Ya kita berharap pengobatan gratis ini dapat diprogramkan setiap tahun,” tutur Pdt. Agus.

Dokter Jaya ketika melakukan pemeriksaan gula darah, asam urat dan kolesterol

Salah satu tim medis yang menangani pemeriksaan kesehatan, dr.Jaya, mengungkapkan, sebagian besar penyakit yang diderita oleh masyarakat sekitar adalah kolesterol, asam urat dan gula darah yang melebihi batas normal. “Ya, yang saya tangani kebanyakan mereka menderita kolesterol, asam urat dan gula darah. Mulai sekarang kita harus disiplin dengan mengatur pola makan. Terutama kurangi makanan yang berlemak, kurangi makan gorengan atau mengandung minyak, kurangi makan jeroan serta kurangi konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Saya berharap kita dapat menjaga kesehatan, dengan cara berolahraga, perbanyak makan sayur, buah-buahan serta pola pikir yang positif, “ungkap dokter Jaya disela-sela tugas menangani pemeriksaan kesehatan.

Ibu Rifah, salah satu warga yang tinggal di sekitar Apartemen Maple Park tampak sangat senang dan bersyukur ketika ada pengobatan gratis di lingkungan Apartemen Maple Park. “Ya pengobatan gratis seperti ini sangat bagus dapat membantu warga untuk cek kesehatannya. Terutama sangat membantu sekali bagi warga yang kurang mampu untuk berobat. Kalau bisa sering dibuat seperti ini pak. Ya saya senang sekali, sudah periksa gratis, dapat obat dan vitamin juga gratis, pokoknya ini berkah bagi kami,” tutur Ibu Rifah.

Pdt. Ferry Iskandar (Gembala Sidang GBI Maple Park)

Sementara itu, Gembala Sidang GBI Maple Park, Pdt. Ferry Iskandar, menjelaskan, yang mendasari terselenggaranya kegiatan pengobatan gratis ini, karena kita ingin menjadi berkat dan berdampak positif bagi lingkungan sekitar. “Kebetulan visi-misi gereja kami adalah menjadi terang dan garam bagi sesama. Supaya keberadaan gereja kami di Maple Park juga bisa dirasakan oleh masyarakat melalui kegiatan-kegiatan sosial. Bagi yang belum punya ibadah tetap, kami terbuka, diharapkan bisa beribadah bersama kami. Sehingga mereka bisa merasakan dan bertemu kasih Tuhan. Kami bersama pengerja, rindu memancarkan kasih Tuhan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar,” papar Pdt. Ferry Iskandar yang ditemui seusai pengobatan gratis.

Ki-ka: dokter Jaya, Pdt. Ferry Iskandar & Pdt. Agus Irawan

Lanjut Pdt. Ferry, kegiatan sosial berupa pengobatan gratis yang digelar GBI Maple sudah dua kali. “Kegiatan pengobatan gratis yang pertama kita adakan di RT 11, di perkampungan warga dekat apartemen. Kemudian yang kedua, di Apartemen ini. Puji Tuhan semua dapat berjalan lancar,” kata Pdt. Ferry.

Bagaimana seharusnya umat Kristen yang telah dimerdekakan dari belenggu dosa, memaknai peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI? Pdt. Ferry Iskandar, mengungkapkan, bahwa sebagai umat Kristen yang telah “dimerdekakan” oleh pengorbanan Kristus di atas kayu salib, harus memaknai dan menerima kemerdekaan itu dengan rasa ucapan syukur. “Karena kalau kita sudah dimerdekakan oleh Tuhan, maka kita sudah dibeli oleh darah Yesus. Begitu pula dengan kemerdekaan bangsa kita, itu juga bukan diperoleh secara gratis, melainkan melalui perjuangan para pahlawan yang gugur di medan perang. Para pahlawan juga menumpahkan darah untuk mempertahankan bangsa kita. Jadi nasionalisme ini harus dibangun. Tugas kita saat ini adalah terus mengisi kemerdekaan dan mempertahankannya,” pungkas Pdt. Ferry sembari menambahkan bahwa kegiatan pengobatan gratis akan dilakukan setiap tahun untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI. SM

Comment