Jakarta,Victoriousnews.com,-Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) resmi merilis tema Natal bersama 2021 pada 9 Oktober 2021 yang lalu. Dalam situs resmi PGI, Tema Natal 2021 diambil dari ayat Alkitab 1 Petrus 1:22, “Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu”.

Tema Natal 2021 ini menggambarkan beragam realitas dan kondisi sulit yang terjadi di Indonesia, termasuk salah satunya adalah dampak pandemi Covid-19 yang mengakibatkan kematian, bencana alam, serta merajalelanya kasus kejahatan kemanusiaan yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Selain itu, tema natal PGI ini juga melukiskan munculnya kesenjangan sosial di kalangan masyarakat. Di tengah pandemi covid yang berkepanjangan, terjadinya kesenjangan sosial masyarakat ini bisa memicu gap antara kalangan orang mampu dan tidak mampu, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan dasar dan kesehatan.

Keprihatinan PGI & KWI dalam peristiwa di tahun 2021, menjadikan latar belakang tema Natal tahun ini. Dalam poster Tema Natal 2021 “Cinta Kasih Kristus Yang Menggerakkan Persaudaraan” ini. Dalam poster tersebut, nampak terlihat seorang memakai baju berwarna coklat yang sedang dirangkul oleh tangan seseorang yang memakai baju terlipat tangan setengah dengan warna baju putih. Pesan yang tersirat dalam gambar tersebut nampak seperti ada anak kecil yang menangis, seorang ibu yang sedang menggendong anak karena kelaparan, dan munculnya tindak kejahatan seseorang akibat himpitan ekonomi. Selain itu, gambar seseorang berwarna coklat juga menyiratkan ada keresahan yang mendera rakyat kecil seperti keluhan pemulung, pengemis serta banyaknya kematian yang terjadi ditahun 2021.SM

See also  Forum Advokat Spesialis Tipikor (FAST) Dukung MA Mencabut Aturan Ketat Remisi Koruptor

Leave a Reply

Your email address will not be published.