BAMAG NASIONAL DAN YASKI PEDULI BENCANA ALAM BAKKARA DAN ACEH TENGGARA

Nasional, News1024 Views

Victoriousnews.com,-Bencana alam atau tragedi kemanusiaan merupakan peristiwa yang tidak terduga. Peristiwa ini tentu menimbulkan keprihatinan mendalam bagi  setiap insan sosial  dan memanggil nurani setiap insan untuk saling membantu meringankan beban dan penderitaan sesama. Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, BAMAG NASIONAL dan YASKI PEDULI terbeban untuk  membantu  masyarakat yang menjadi korban bencana alam di dua tempat yang berbeda serta waktu yang berbeda pula.

Banjir bandang yang menimpa empat desa di kawasan Bakkara, Kec. Bakti Raja pada Selasa, 14 November 2023 pukul 03.00 WIB lalu benar-benar mengagetkan penduduk setempat dan mengharuskan mereka  mengungsi ke tenda-tenda darurat. Demikian juga dengan banjir bandang yang menerjang Desa Lawe Tua, Kecamatan Lawe Digala-gala, Kabupaten Aceh Tenggara yang mengakibatkan transportasi lumpuh total, puluhan rumah penduduk  rusak akibat terjangan banjir yang tiba-tiba terjadi ketika masyarakat sedang tertidur pulas, pada pukul 00.00 WIB, pada hari Rabu, 22 November 2023.

Ketua DPW Bamagnas Sumut, Pdt. Dr Ruben Yonathan Silalahi (ke-4 dari kiri) bersama pengurus seusai menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak bencana alam

Merespons kedua bencana alam tersebut, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) BAMAG NASIONAL yang juga Ketua Umum Yayasan Sumbangan Sosial Keagamaan Kristen Indonesia (YASKI) Pdt. Dr. Japarlin Marbun cepat tanggap dengan  situasi dan keadaan yang dialami oleh masyarakat setempat dan segera melakukan aksi peduli kasih bagi warga yang terdampak bencana  banjir bandang tersebut.

Ketua Umum Sinode GBI periode 2015-2019 itu, menyampaikan, pada saat  mengetahui ada bencana alam tersebut,  tentu kita sebagai manusia yang adalah makhluk sosial, turut prihatin serta terpanggil untuk saling membantu semampu kita. “Walaupun jarak kita jauh dari lokasi kejadian dan bahkan  kesibukan  sehari-hari sangat menyita perhatian, namun kita tidak boleh berhenti berbuat bagi sesama,” tukas Pdt. Japarlin.

Lanjut Pdt. Japarlin, adapun aksi Peduli Kasih yang dilakukan oleh BAMAGNAS dan YASKI ini adalah berupa pembagian sembako kepada warga masyarakat yang terdampak banjir dan Trauma Healing bagi anak-anak. “Bantuan ini mungkin tidak seberapa, namun diyakini akan sangat  bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya,” ungkap Pdt. Dr. Japarlin Marbun yang juga dikenal sebagai Gembala GBI Permata, Bekasi, Jawa Barat.

Pdt. Dr.Ruben Silalahi (Ketua DPW Bamagnas Sumut) saat memimpin penyaluran bantuan

Pdt. Dr. Ruben Yonathan Silalahi, MTh, ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) BAMAG NASIONAL Sumatera Utara didampingi oleh Sekretaris Wilayah, Pdt. Dr. Yasona Hulu dan Direktur YASKI Sumut, Adv. Paraduan Pakpahan, SH, saat berkunjung ke lokasi bencana untuk menyampaikan bantuan tersebut melihat semangat dan antusias masyarakat dalam menyambut kehadiran tim  perwakilan BAMAGNAS dan YASKI Pusat. “Warga menyampaikan terima kasih atas kepedulian yang telah diperlihatkan dan sangat terkesan dengan aksi Peduli Kasih ini. Demikian juga dengan Aksi Peduli Kasih yang dilakukan di Kabupaten Aceh Tenggara, warga masyarakat yang terdampak banjir bandang sangat tersentuh dengan aksi ini dan mengapresiasi sikap tanggap BAMAG NASIONAL dan YASKI atas tragedi kemanusiaan yang telah terjadi,”ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) BAMAGNAS Aceh Tenggara,  Pdt. Herman Simbolon yang didampingi oleh tim saat menyerahkan bantuan.

Senada dengan Pdt.Hermon Simbolon, Ketua DPW Bamagnas Sumut, Pdt. Ruben mengungkapkan, bahwa,  bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat terdampak bencana alam merupakan bentuk kepedulian yang tulus dan ikhlas. “Ini sangat menyentuh hati. Karena aksi ini sama sekali tidak didomplengi oleh kepentingan apapun. Baik kepentingan politik, agama, bisnis dan lain sebagainya,”tukas Pdt. Ruben. 

Ketua DPW BAMAGNAS SUMUT juga turut mengapresiasi sikap tanggap dan Peduli Ketum BAMAGNAS dan YASKI atas peristiwa yang terjadi di dua daerah yang berbeda ini sekaligus mendorong agar seluruh warga dan pengurus BAMAGNAS lainnya memiliki sikap sigap yang sama sebagaimana yang telah dilakukan oleh Ketum DPP BAMAG NASIONAL ini.*RYS/bamagnassumut 

Leave a Reply