DPD PIKI Provinsi Kalimantan Selatan periode 2023-2028 Resmi Dilantik Ketum DPP PIKI, Dr. Badikenita Putri Sitepu

Theofransus Litaay, Ph.D (Tenaga Ahli Utama KSP), Sebagai Pembicara Seminar "Peran Inteligensia Kristen Dalam Pembangunan Kalimantan Selatan Menuju Indonesia Emas 2045"

Nasional, News243 Views

Victoriousnews-Banjarmasin- Dewan Pengurus Daerah Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (DPD PIKI) Provinsi Kalimantan Selatan resmi dilantik di hotel Summer, Banjarmasin pada hari Selasa (12/12/2023).

Ketum DPP PIKI, Dr Badikenita Sitepu ketika menyampaikan arahan dalam pelantikan DPD PIKI Kalimantan Selatan, Selasa (12/12/23)

Event Pelantikan dan Seminar Nasional  dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Pusat PIKI yang secara langsung dihadiri oleh Ketua Umum DPP PIKI Dr Badikenita Putri Sitepu, SE, MEP yang juga merupakan Senator anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia. 

Penyerahan Pataka Organisasi dari Ketum DPP PIKI kepada Ketua DPD PIKI Kalsel, Riyanto Widi Pranowo, S.Th,MM

Acara Pelantikan ditandai dengan penyerahan bendera organisasi dari Ketua Umum DPP PIKI kepada Ketua DPD PIKI Provinsi Kalimantan Selatan yang dipimpin Riyanto Widi Pranowo, S.Th,MM selaku Ketua dan Pdt.Denny Susanto, MM, M.Th, DR (C) selaku Sekretaris, dan Pdt. Ir. Hari N Akimas, ST, MM, M.Th, IPM sebagai Bendahara. 

Ketua Umum DPP PIKI Dr Badikenita Putri Sitepu, SE, MEP, dalam arahannya,  menyampaikan agar DPD PIKI membangun kerjasama yang efektif dengan pemerintah provinsi Kalimantan Selatan dan agar segera melakukan konsolidasi lebih lanjut dengan membentuk kepengurusan tingkat cabang di level Kabupaten dan kota.

Sambutan DPD PIKI Kalimantan Selatan disampaikan oleh Ketua DPD Riyanto Widi Pranowo, yang mengemukakan, bahwa PIKI Kalimantan Selatan harus bisa menjalin kebersamaan secara internal maupun eksternal, baik dengan lembaga-lembaga gerejawi maupun pemerintah provinsi dan kabupaten. Terlebih lagi dalam menyongsong kehadiran Ibukota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur dimana Kalimantan Selatan menjadi daerah penyangga. Riyanto Widi Pranowo mengharapkan keterbukaan pemerintah melibatkan PIKI menyongsong “Banua Mapan” di Kalsel dan Indonesia Emas secara nasional.  

Acara pelantikan dilanjutkan dengan Seminar Nasional  terkait “Peran Inteligensia Kristen Dalam Pembangunan Kalimantan Selatan Menuju Indonesia Emas 2045.” Sebagai pembicara adalah Theofransus Litaay, Ph.D (Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden) dan Hj Kusnul Khotimah, SH, MH (Plt Kasie Kesra dan Pengembangan Masyarakat) pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Wakil Ketum DPP PIKI Theofransus Litaay, P.hd (ke-5 dari kiri/batik) dan Ketum DPP PIKI, Dr. Badikenita Sitepu (ke-6 dari kiri) berpose bersama jajaran pengurus DPD PIKI Kalimantan Selatan

Theofransus Litaay yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP PIKI menyampaikan bahwa “Dukungan intelektual dari berbagai agama dapat membantu Kalimantan Selatan dalam membangun potensi dan kekuatan pembangunan menuju Indonesia Emas 2045. Kolaborasi antara intelektual dan pemerintah daerah dapat menghasilkan ide-ide inovatif dan solusi yang dapat mempercepat pertumbuhan dan kemajuan Kalimantan Selatan,”

Acara dihadiri pula oleh Ketua Panitia Pelantikan dan Seminar Nasional Dr. dr. Dharma PTR Maleuga. Dikatakan oleh dokter Dharma bahwa acara ini bernilai strategis mengingat posisi Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan lalu lintas, pintu gerbang Ibu kota Nusantara (IKN). Dr Dharma menjelaskan bahwa yang dilantik selain Ketua, Sekretaris, dan Bendahara beserta para pengurus di 12 bidang program kerja,” ungkap Dr. Dharma.

Undangan yang hadir adalah dari DPP PIKI, Staf Ahli Gubernur Kalimantan Selatan, Ketua PGIW Kalimantan Selatan, Perwakilan Kapolda Kalimantan Selatan, Perwakilan Korem, Perwakilan Walikota Banjarmasin, MUKI Kalsel, dan undangan lainnya. SM/rilis

SUSUNAN KEPENGURUSAN DPD PIKI KALIMANTAN SELATAN  Periode 2023-2028 sebagai berikut. 

Ketua   : Riyanto Widi Pranowo, S.Th, MM 

Wakil Ketua 1: Pdt. Christopson Matias Tigoi, M.Th. 

Wakil Ketua 2: DR. dr. Dharma PTR Maluegha,SpBP-RE(K)

Wakil Ketua 3: Ruli Ananda, SP, MAP

Sekretaris:    Pdt. Denny Susanto, MM, M.Th.

Wakil Sekretaris: Pdt. Indrawan Effendy, SS, B.Acc.

Bendahara: Ir. Hari N. Akimas, S.T, M.M, M.Th, IPM 

Wakil Bendahara  : Pdp. Hartanto Yogyo Atmojo, SP, M.Th  

Bidang Organisasi, Pendataan dan Media, Ketua : Vellicya Njoko, S.I.Kom, M.I.Kom

Bidang Bantuan Hukum dan HAM, Ketua : Nikolaus, SH. 

Bidang Kerohanian Dan Pelayanan Sosial Budaya, Ketua: Jeckron Lubis, S.M.G, M.A. 

Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan SDM, Ketua: Ibu Pdt. Eviaty, S.Si. 

Bidang Politik dan Kerjasama Antar Lembaga, Ketua: Tumiar Ervina, S.S.Ing, M.Pd. 

Bidang Pengembangan Ekonomi Koperasi dan UMKM, Ketua: Lantan Wasnawati.

Bidang Kesehatan Dan Penanggulangan Bencana, Ketua : drg. Sapta Rianta Hutasoit, Sp.Ort, M.Kes.

Bidang Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Ketua: Dr. Meiske Kristin Lumanauw, S.Sos, M.A.

Bidang Pengelolaan Aset Dan Logistik, Ketua: Walintton Martahan, S.Hut.

Bidang Humas, Komunikasi Dan Informatika, Ketua: Yulian Arie Tandau, S.Pd. 

Bidang Kaderisasi Pemimpin Kristen, Ketua : Pdt. Rotherman Sudung, M.Th. 

Bidang Pemuda Dan Kemahasiswaan, Ketua: Steaven Gabriel.

Leave a Reply