Christmas Celebration GBI Maple Park Usung Tema “Rise & Shine”

Dimeriahkan penampilan drama natal yang kocak sekaligus menghibur

News, Religi1332 Views

Victoriousnews.com,-Mengusung tema “Rise & Shine”, GBI Maple Park penggembalaan Pdt. Ferry Iskandar menggelar kebaktian perayaan Natal di aula Apartemen Maple Park lantai 2, Jl. HBR Motik No.2 , Sunter Agung, Tanjung Priok,Jakarta Utara, Kamis (21/12/23). Tampak hadir dalam acara tersebut, Pdt. Agus Irawan (Sekretaris 1 BPD GBI DKI Jakarta), Pdt. Edy Wagino, M.Th (Gembala GBI Sinona-Bekasi), Pdt. Johan Lumoindong, Pdt. Kiki Harjadi (Gembala GBI Rayon 1D), Pdt. Ferry Iskandar (Gembala GBI Maple Park dan masih banyak lagi. 

 

Pernak pernik dan ornamen bernuansa Natal dengan didominasi warna putih salju dan silver tampak menghiasi ruangan berkapasitas ratusan orang. Ditambah dekorasi panggung bertemakan “white christmas” yang elegan dan indah, menambah suasana Natal semakin semarak. 

 Acara diawali dengan pujian penyembahan, serta lantunan kidung-kidung bernuansa natal membuat jemaat tampak sukacita dalam memuji dan menyembah Tuhan.  Acara Natal semakin meriah,  diisi dengan kesaksian pujian anak-anak. Kemudian disusul dengan drama Natal terkait tema Rise & Shine- bangkit dan menjadi terang itu dipraktikkan dalam kehidupan nyata. Drama ini disambut meriah jemaat, karena diperankan dengan gaya parodi yang kocak tapi memberkati dan menginspirasi.

Penampilan Drama Natal

Drama natal diperankan pemuda bernama Nikhael  Sitohang sebagai Nikhael. Dia berprofesi menjadi pimpinan sebuah perusahaan.Hidupnya pun bergelimang harta dan  kaya. Namun, karena kerap melupakan Tuhan sang pemberi berkat, persoalan demi persoalan secara bertubi-tubi menghantam Nikhael.  Mulai dari    ditipu oleh seorang teman, dipukuli  preman dan sebagainya. Akhirnya ia mengalami  bangkrut dan seluruh hartanya ludes, asetnnya pun habis. 

Di akhir cerita, Nikhael menyerahkan persoalannya kepada Tuhan. Ia bertobat sungguh-sungguh dan membangun Mezbah Tuhan, dengan membuka Persekutuan Doa. Disitulah Nikhael terus bangkit dan semakin melekat kepada Tuhan. Bahkan Nikhael menjadi terang, bersaksi serta mengabarkan Injil kepada banyak orang. 

Pdt. Kiki Harjadi ketika menyampaikan kotbah dalam perayaan Natal GBI Maple Park, Kamis (21/12/23)

Gembala Rayon 1D, Pdt. Kiki Harjadi, dalam kotbahnya, mengungkapkan bahwa, setiap kita pasti pernah menerima hadiah. Entah itu hadiah  ultah, dari istri, suami, anak, teman dan sebagainya.  “Tetapi hadiah yang paling indah berasal dari Tuhan (Yoh 3:16). Banyak  orang yang bisa  memberi, tetapi bukan  mengasihi. Tapi Allah memberi karena mencintai dan mengasihi kita. Melalui Yesus diberikan kepada kita. Supaya kita memperoleh hidup yang kekal. Inilah hadiah terbesar, terindah, dan luar biasa dalam hidup kita,” ujar Pdt. Kiki Harjadi 

Menurut Kiki, Natal itu tidak akan berarti apa-apa, jika Yesus Kristus itu tidak lahir dalam hati kita. Makanya, kita harus bergembira, bersukacita karena Tuhan Yesus telah menebus kita dari segala dosa.

 Lebih lanjut, Pdt. Kiki  mengelaborasi tentang Tema Rise & Shine (Bangkit & Menjadi Terang). Ia mengutip kitab Matius 4: 16. “Kita harus bangkit dan menjadi terang. Kalau bicara bangkit dan menjadi terang, maka terang itu harus ada dalam hidup kita, agar bisa bangkit. 

Bagaimana supaya kita betul-betul bisa bangkit dan menjadi terang? Pertama, Kita harus Sembahyang- menyembah yang maha agung, mulia. Kita masuk dalam hadiratNya dan merasakan hadiratNya. Diam di rumah Tuhan, kita harus punya kerinduan itu. (Mazmur 100: 1-5).  Setiap hari harus menjaga Mesbah kita, agar api tetap menyala. Kedua, Sembahyang- kita harus melakukan perintah Tuhan. Membaca firman Tuhan, taat dan melakukanNya. Kita harus menerangi orang-orang di sekitar kita. Serta mempraktekkan amanat Agung, perintah yang penting hari-hari ini, yakni memberitakan kabar sukacita  kepada orang lain.

Gembala GBI Maple Park, Pdt. Ferry Iskandar

Gembala GBI Maple Park, Pdt. Ferry Iskandar, menjelaskan terkait tema natal “Rise & Shine”, terambil dari kitab Yesaya 60:1. “ Kita sebagai anak-anak Tuhan, kita harus menjadi terang. Seperti terang Kristus yang telah menyinari kegelapan dunia. Dia sudah lahir, mati, dan bangkit untuk menebus dosa manusia yang membawa suatu pengharapan bagi dunia ini. Karena barangsiapa percaya kepada Kristus, tidak akan binasa melainkan beroleh hidup yang kekal,” tutur Pdt. Ferry ketika ditemui sebelum acara berlangsung.

Pesan Natal yang ditekankan, lanjut Ferry, kita harus menjadi terang dalam kehidupan kita. Baik dalam tutur kata maupun  perbuatan harus mencerminkan bahwa kita sebagai anak-anak terang. Yaitu karakter Kristus yang adalah terang itu sendiri. Terutama di tahun politik sekarang ini, kita harus menampakkan dengan membawa suatu pengharapan bagi banyak orang yang membutuhkan jawaban atau solusi atas masalah,” urainya 

Menurut Pdt. Ferry, GBI Maple Park telah menggelar  perayaan Natal kita yang ke-6. “Ketika COVID-19, kita sempat merayakan secara online. Untuk natal kali ini mempersiapkan selama 3 bulan,” pungkas Pdt. Ferry.

Puncak acara Natal GBI Maple Park ditutup dengan pembagian Doorprize menarik bagi jemaat yang beruntung. SM

Comment