Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Generasi Penerus Bangsa

Opini1958 Views
Pdt. Dr. Berthy L Momor, M.Th

Pemuda merupakan sekelompok golongan muda yang akan menjadi penerus bangsa di masa depan. Bangsa Indonesia kedepan ditentukan oleh pemuda yang mengisi bangsa ini. Pemuda juga kuat menjaga dan megawal bangsa, maka akan lebih baik Indonesia masa depan. Pemuda harus memiliki tubuh dan juga semangat yang kuat dalam menjaga dan mengawal bangsa. Rusaknya moral dan akhlak pecandu narkoba, maka akan membawa kehancuran bangsa kedepan. Untuk mencegahnya salah satu, pancasila inilah yang dapat digunakan sebagai benteng dan ideologi sebagai  dasar pemuda.

Indonesia merupakan negara hukum yang berbentuk pancasila, sebagai suatu alat perekat bangsa. Pancasila bukan sekedar sebagai dasar ideologi saja, tetapi didalamnya terdapat sosok yang memiliki peranan penting, terutama pemuda dalam menjaga keutuhan pancasila. Pemuda sebagai peran pilar pondasi bangsa penggerak pembangunan nasional dalam memastikan pancasila sebagai satu-satunya ideologi yang cocok dan sesuai dengan kepribadian bangsa yang harus terus dijaga, tepi dalam kenyataannya pemuda-pemuda kita semakin diserang dengan gaya hidup yang konsumtif dan hedonis yang ditawarkan liberalisme sebagai pendukung utama fundamentalisme pasar. Disisi lain fundamentalisme agama telah berhasil menculik anak-anak, pemuda Indonesia menjadi pelaku terorisme yang telah menyimpang dari ajaran agama yang benar. Inilah yang bertolak belakang dengan nilai-nilai pancasila. Untuk itu, pemerintah dan pemuda-pemuda Indonesia perlu mensosialisasikan dan mengamalkan nilai-nilai empat pilar bangsa yakni, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinekha Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia. Pemuda harus menerapkan sila-sila pancasila itu sendiri. Pemuda harus menjadi pribadi yang adil dan bertanggungjawab, saling membantu dengan gotong royong. Dalam menjalankan ajaran agama yang baik, benar dan bijaksana dalam mengambil keputusan.

Gerakan mahasiswa harus menjadi pelopor dalam mempertahankan NKRI dalam kandungan dalam sila-sila pancasila dan UUD 1945. Kesatuan bangsa dalam kehidupan bermasyarakat. Pemuda harus mencintai Pancasila serta mengedepankan nilai-nilai moral dan akhlak sebagai pandangan hidup yang memberi petunjuk kehidupan. Pemuda harus berani mencegah paham-paham yang bertentangan dengan pancasila, masa depan pemuda dan nasib generasi penerus.

Pancasila selama ini sudah merupakan ideologi utama baik dalam level negara maupun level masyarakat. Disamping sebagai “common ideology”. Pancasila juga merupakan juga merupakan kristalisasi nilai, karena masyarakat Indonesia berketuhanan, berkeadilan dan tradisi berkemasyarakatan dalam membangun kesatuan Indonesia.***

Comment