Maria Pratiwi, Guru Sekaligus Pemain Harpa Indonesia Yang Cinta Tuhan!

Maria Pratiwi usai tampil di Gedung City Walk Gajahmada (Sabtu, 14/12)

JAKARTA,Victoriousnews.com,-Bagi anda pecinta musik klasik pasti sudah tidak asing lagi dengan alat musik yang bernama Harpa. Harpa adalah sebuah alat musik petik yang bentuknya menarik dan memikat hati. Apalagi ketika jari jemari sang professional menari-nari serta piawai memainkan dawai Harpa, pasti petikannya akan terdengar sangat merdu dan indah. Bahkan saking merdunya alat musik harpa, kerap digambarkan sebagai “Alat Musik Surga” atau alat musik para malaikat.


Meski langka dan unik, namun di Indonesia kini memiliki pemain Harpa wanita yang hebat bernama Maria Pratiwi. Maria Pratiwi adalah harpis Indonesia pertama yang meraih gelar Master of Music di bidang Harp Performance. Ia juga menjadi orang Asia pertama yang memenangkan kompetisi di The Great Hall London, bermain concerto diiringi Goldsmiths Sinfonia di The Great Hall London 2012. Bahkan, menurut data dari berbagai sumber, sebagai musisi Harpa,Maria juga pernah tampil di depan sejumlah presiden Indonesia, seperti: Megawati, B.J Habibie, dan Susilo Bambang Yudhoyono.


Kenapa menyukai musik harpa? “Pertama, karena suara yang dihasilkan musik Harpa itu Angelik atau seperti alat musik surgawi yang menghasilkan suara khas dan indah. Kedua, karena bentuknya menarik. Ketiga, karena saya dapat jatuh hati dengan musik Harpa. Meski dulu saya juga suka main piano, biola dan gitar. Tapi justru jatuh cintanya sama harpa. Tuhan telah memberikan talenta, ya semuanya aku kembalikan kepada Tuhan. Alat musik harpa itu suaranya bisa meneduhkan,” tutur Maria Pratiwi yang ditemui usai acara “Happiness A Holiday Concert” di City Walk GajahMada, Sabtu (14/12).
Guna mengembangkan talenta dalam bermain Harpa sekaligus mencari generasi penerus Harpis Indonesia, Maria pun menggagas Maria Pratiwi Harp Ensamble yang setiap tahun selalu mengadakan dua konser resmi. Pertama, konser Natal dan konser rumah. Kemudian pada 2018 Maria mendirikan Maria Pratiwi Harp School. Ini adalah sekolah khusus untuk mendidik dan mengajar para pemain harpa binaannya. Sekolah ini memiliki kurikulum sendiri dengan standar internasional dengan ujian internasional. “Kalau performance yang tadi itu jujur, murid-murid saya banyak yang baru belajar dan hanya mempersembahkan 2 lagu. Biasanya bawain 8 sd 10 lagu. Terus kita mainnya bareng orchestra dan anak-anak. Tapi puji Tuhan semuanya lancar dan happy,” kata Maria dengan semangat.
Bagaimana memaknai Natal? “Bagi aku sendiri Natal itu pastinya perubahan karakter dalam hidup. Dimana kita harus belajar untuk mengubah karakter yang dulunya gelap, terus berubah menjadi terang. Jadi Natal itu suatu momen yang bahagia, berkumpul dengan keluarga, setelah setahun bekerja. Kita bisa berkumpul bersama, dan musik-musik natal pasti bisa membuat hati yang sukacita bersama keluarga,” tandas Maria penuh sukacita. SM

READ  Pesan Mendagri Tito Karnavian Dalam Penutupan GA WEA: Pancasila Merupakan Nationality Blessing, Pemersatu Bangsa Indonesia