News Sorotan

Jadwal Sidang Sinode GBI XVI Tetap Digelar DI SICC Sentul, 27-30 Agustus 2019

Jakarta,Victoriousnews.com,-Perhelatan akbar Sidang Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) XVI tetap akan digelar di Sentul International Convention Center (SICC), pada tanggal 27 s/d 30 Agustus 2019 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana, Pdt. Paul R.Widjaya di Graha Bethel, Jakarta [Kamis, 21/3] di hadapan para wartawan media Kristiani. Ia berbicara pada sesi konferensi pers. Turut serta hadir masing-masing Ketua Umum BPH GBI, Ketua BPD GBI DKI Jakarta, Ketua BPD GBI Bekasi, Jawa-Barat, Ketua MP BPH GBI dan anggota MP BPH GBI, Pdt. T.L. Henoch.

Soal jumlah para peserta yang bakalan hadir, Ketua Pan Pel menegaskan jumlah peserta mencapai kuorum. “Persidangan sudah pasti dilaksanakan,” ujarnya. Tema Sinode ini ialah “Great Harvest”, Menuai dengan Kuasa Roh Kudus.  Selanjutnya, Ketua Umum BPH GBI mengatakan acara persidangan bukan hanya laporan pertanggung-jawaban BPH periode 2014-2018 saja, tetapi bakal diisi dengan lokakarya, pemilihan Ketua Umum periode 2019-2023. “Diharapkan Sinode nanti sukses sehingga GBI semakin mantap dan berkesinambungan dalam melayani jemaat dan masyarakat,”ujarnya.

Pdt. Dr. Japarlin Marbun menambahkan bahwa GBI selama ini turut serta melayani di bidang pendidikan, layanan bantuan bagi masyarakat. Salah satunya yakni penerjunan Tagana Rajawali GBI dan Pelmas ke lokasi-lokasi banjir bandang di Sentani, gempa bumi Poso, re-konstruksi gereja-gereja yang alami kerusakan pasca bencana.

Menjelang Sinode, imbuhnya bakalan digelar acara sidang MPL GBI pada tanggal 21-23 Agustus 2019 dengan salah satu agendanya yaitu finalisasi acara Sinode, pengesahan Tata Gereja. Selanjutnya pada tanggal 24-27 Agustus 2019 bakal di gelar Diklat bagi para calon Pendeta. Nantinya, sekitar 800-an calon Pendeta ini bakalan dilantik pada salah satu sesi Sinode XVI.

READ  Grace Natalie Bicara Di Acara Diskusi Forkom Narwastu

Pdt.Soehandoko : Mari Bangun Kebersamaan dan Andalkan Tuhan Sebelumnya, Pdt. Dr. Soehandoko Wirhaspati (Ketua MP BPH GBI) pada sesi renungan Firman Tuhan sebelum pembukaan Rapat Panitia Pelaksana Sinode GBI XVI di Graha Bethel, Jakarta (Kamis, 21/3), mengutip nats Alkitab yang terambil dalam Mazmur 127: 1 “Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga”. Soehandoko menegaskan saat ini adalah momentum buat GBI menuju ke arah yang lebih baik. “GBI ini satu keluarga. Mari bangun kebersamaan. Namun, kedepankan, andalkan (bergantung) kepada Tuhan. GBI lebih nyata lagi dalam kebersamaan kita. Kalau tidak, kita tidak bisa finishing well,” ujarnya pungkasnya.

Pdt. Dr.Soehandoko Wirhaspati kemudian membacakan nats Yeremia 17 : 8 “Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah”. “Jangan takut hadapi tantangan,” pungkasnya.

Ketum BPH GBI mengatakan dalam arahan singkatnya bahwa pertemuan ini adalah lengkap karena dihadiri BPH dan MP juga. Kemudian, ia menambahkan nats renungan diatas harus jadi pegangan Pan Pel.” Andalkan Tuhan, sebab sia-sia jika tidak lakukan itu. Ini tahun politik, hiruk pikuk “masuk” ke dalam gereja juga,” tegasnya.

Ia berpesan agar GBI laksanakan penyelesaian Amanat Agung Yesus Kristus. GBI kini adalah gereja yang terbesar di Indonesia. Namun, dengan nada prihatin ia menambahkan bahwa masih banyak gereja yang belum melaksanakan hal ini.

Selanjutnya, Ketua Pan Pel, Pdt. Paul R. Widjaya melaporkan perkembangan kinerja kepanitiaan masing-masing bulan Maret 2019 : penetapan agenda Sinode dan pembicara. Sosialisasi melalui berbagai jalur, termasuk BPD.

READ  Pdt. I Ketut Darsana, SPAK; BALITA YANG MALANG ITU… KINI MENJELMA JADI HAMBA TUHAN LUAR BIASA!

April 2019 : Pengumpulan janji iman. Mei 2019 : Target pendaftaran 70 %. Juni 2019 : Finalisasi akomodasi dan seterusnya sampai pelaksanaan Sinode GBI XVI [27-30 Agustus 2019] di SICC Sentul, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa-Tengah.

Pdt. Paul R. Widjaya melaporkan rincian jumlah calon peserta Sinode XVI per tanggal 20 Maret 2019 [Lunas & Belum Lunas] sebagai berikut :

  1. Gembala [Pdp dan Pdm] : 905 orang. 2. Pdt : 1335 orang. 3. Pdm : 212 orang. 4. Pdp : 159 orang. 5. Non Pejabat : 89 orang. Total : 2.700 orang.

Agenda berikutnya adalah pelaporan Bendahara dan Bidang-bidang terkait sampai berita ini diturunkan sedang berlangsung. Dukung dan doakan agar Pan Pel bisa bekerja dan melayani dengan baik serta kelancaran acara Sinode GBI XVI. GT/pram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *