Refleksi Pelayanan Majelis Pendidikan Kristen (MPK) 2023

Oleh: Handi Irawan (Ketum MPK)

News, Opini2118 Views
1 Tawarikh 1:1-4   Adam, Set, Enos,  Kenan, Mahalaleel, Yared, 
Henokh, Metusalah, Lamekh, 
Nuh, Sem, Ham dan Yafet. 
Ini adalah salah satu ayat yang saya baca di hari terakhir tahun 2023. Terpikir, apa refleksi terbesar untuk  pelayanan Majelis Pendidikan Kristen (MPK)  sepanjang tahun 2023 sehubungan dengan ayat di atas? Terlintas dalam benak saya,  Sustainability!
Data MPK  yang paling banyak tersebar  adalah jumlah Sekolah Kristen yang terpuruk (kategori D dan E) sebanyak 40 % dan yang  stagnasi ( kategori C).   sebesar 30 %.   Data ini,  tentunya  menjadi beban pelayanan kita setiap hari.  Bagaimana supaya mereka tidak tutup?  Bagaimana mereka bisa bertahan ?  atau bahkan bertransformasi ?
Apa yang saya pelajari dari  I Tawarikh I : 1- 4 yg hanya berisi silsilah ?  Mengapa hal ini  ditulis ?  Salah satu satu pesan dari Firman Tuhan ini adalah sustainability atau keberlangsungan .
Di dalam kitab Kejadian 4,  keturunan Kain ditulis sampai generasi ke 7, yaitu Lamekh (Bukan Lamekh ayah Nuh).  Selain semua kejahatannya dari Kain hingga keturunannya,  Alkitab juga mencatat bahwa  mereka ternyata adalah orang- orang yang berhasil dan bahkan menjadi Bapa  pembuat  kebudayaan baru, mulai peternakan, musik dan teknologi logam.   Ini yang membuat kita paham, bahwa sekolah yang bukan Kristenpun juga mendapatkan anugerah umum dari Tuhan dan bisa berhasil.  Bahkan bisa jauh lebih sukses di mata manusia.  Tetapi, yang lebih penting, bagaimana akhirnya?  Keturunan Kain punah dan keturunan Set berlangsung.  Tuhan mengajarkan prinsip besar bahwa  untuk keberlangsungan, manusia perlu  berjalan bersama Tuhan.
Handi Irawan.,M.BA.,M.Com
Kedua,  yang menarik seperti tertulis di  Kejadian pasal  5,  semua keturunan Set,   umurnya ditulis hingga generasi Nuh.  Rata- rata dari Adam hingga Nuh,  10 generasi ini  berumur 912 tahun.  Tahun- tahun yang dihitung, menunjukkan bahwa kehidupan  mereka bermakna dan membawa dampak positif.  Keturunan Kain tidak ada yang dihitung umurnya.
Ketiga,  kelahiran dan kematian Metusalah menjadi pengingat yang sangat penting.  Ketika lahir, ayahnya, Henokh kemudian berjalan bersama Tuhan sampai Henokh diangkat ke surga.  Henohk sadar, kelahiran Metusalah sebagai pengingat akan pentingnya berjalan bersama Tuhan.
Metusalah memiliki arti, saat  orang ini mati, maka akan ada bencama Tuhan. Metusalah diberi umur paling panjang, 969 th karena Tuhan pakai sebagai pengingat kepada manusia sebelum bencana air bah.
Kiranya saat Sekolah Kristen  hadir  dan  diberi umur panjang, biarlah menjadi pengingat untuk kehidupan manusia yang lain akan kasih Tuhan yang panjang dan perlunya berjalan bersama Tuhan.
Mari,  memasuki tahun 2024,  kita doakan agar sekolah Kristen semakin berkualitas tanpa mempertanyakan kepada Tuhan  mengapa sekolah non Kristen bisa berhasil.  Mari, kita jadikan kehadiran sekolah Kristen bermakna dengan menjalankan  Amanat Agung agar Tuhan menghitung tahun tahun keberlangsungan sekolah Kristen.  Biarlah Sekolah Kristen hadir untuk menjadi pengingat akan pentingnya berjalan bersama Tuhan.
Selamat Tahun Baru 2024 rekan rekan MPK / MPKW terkasih yang sudah berjalan bersama serta  berbagi kesulitan dan solusi.  Pelita Tuhan tidak pernah padam untuk menuntun langkah kita bersama sepanjang th 2024.
00.01,  1 Januari 2024
Handi Irawan D
Ketua Umum MPK.
( kawan seperjalanan PH MPK & MPKW Untuk Keberlangsungan Sekolah Kristen )

Comment