Talkshow Perwamki di MC PGI: Sukses Pimpin Taput, Nikson Nababan Siap Maju Jadi Cagub Sumut Dengan Visi Smart Village To Smart City

Selama Pimpin Taput, Nikson tinggalkan 37 Legacy terbaik, salah satunya adalah terwujudnya Bandara Silangit

Nasional, News185 Views

Victoriousnews.com,-Menjelang pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada hari Rabu, 27 November 2024, Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia (Perwamki) mulai menjaring sejumlah figur/tokoh yang layak menjadi pemimpin daerah; baik di tingkat Walikota, Bupati maupun Gubernur.

Puluhan jurnalis Perwamki berpose bersama Nikson Nababan usal Talkshow di Media Center PGI, Senin, 27 Mei 2024

Salah satu tokoh Sumatra Utara yang masuk dalam radar Perwamki adalah mantan Bupati Tapanuli Utara (Taput), KRA.Dr.Drs.Nikson Nababan Darmonagoro yang layak “naik kelas” untuk menjadi Gubernur atau memimpin Provinsi Sumut. Mencuatnya nama Nikson, karena dinilai berhasil memimpin Tapanuli Utara selama 10 tahun (2 periode/2014-2024). Dalam pertemuannya dengan puluhan jurnalis Perwamki, Nikson menyampaikan visi-misi, deretan prestasi serta kesuksesannya dalam membangun kabupaten Taput yang lebih maju, sejahtera, aman, dan toleran. “Saya telah menerapkan smart village selama menjabat sebagai Bupati, yang cukup berdampak bagi kehidupan masyarakat desa. Dengan cara mengubah sistem pertanian dari tradisional menjadi pertanian yang modern, yakni memanfaatkan teknologi yang kita miliki, membangun jaringan listrik dan telekomunikasi ke desa-desa terpencil. Dan ini cukup berdampak bagi kehidupan mereka. Setelah itu barulah kita berbicara sebuah smart city. Jika seluruh desa yang ada di Sumut telah menjadi smart village, maka kesenjangan antara desa dan kota akan mengalami penurunan,” ujar Nikson Nababan dalam talkshow yang dimoderatori salah satu pendiri Perwamki, Rio Nainggolan di Media Center PGI, Senin (27/5/2024).

KRA Dr. Drs Nikson Nababan,M.Si Darmonagoro, balon Gubernur Sumut

Dalam pemaparannya, Nikson yang berlatar belakang jurnalis ini menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumut, melalui berbagai sektor; seperti infrastruktur jalan, pendidikan, pertanian dan kesehatan. “Sektor pendidikan pun sangat krusial dalam pembangunan sebuah wilayah. Akses dan kemudahan untuk memperolah pendidikan sangat diperlukan dengan memberikan bantuan beasiswa yang dananya berasal dari APBD. Kemudian pemerataan fasilitas pendidikan, serta membuat sekolah unggulan untuk siswa-siswi berprestasi. Selain pendidikan yang berkelas, fasilitas kesehatan di Sumatera Utara juga perlu ditingkatkan dengan membangun puskesmas di setiap kecamatan. Katakanlah dalam suatu daerah jumlah penduduknya melebihi 10 ribu, maka seharusnya sudah ada lagi puskesmas. Jadi bukan hanya berdasarkan wilayah kecamatan, tetapi berdasarkan jumlah penduduk,” tukas Nikson yang dianugerahi gelar kehormatan Kanjeng Raden Aryo (KRA) dari Keraton Surakarta Hadiningrat, 8 Maret 2021.

Pemimpin Redaksi Innews.co.id, Rio Nainggolan (kiri) menjadi moderator talkshow

Pria kelahiran 5 Oktober 1972 di Siborongborong, Taput ini terus mendorong kemajuan di desa-desa. “Di Taput saat ini semua sudah jadi desa merdeka. Baik listrik, kecukupan pangan, dan perputaran ekonomi berjalan baik. Terakhir saya tinggal, data BPS menyebutkan, jumlah penduduk Taput bertambah, kemiskinan dan pengangguran berkurang, perputaran ekonomi semakin baik. Itu legacy yang bisa saya tinggalkan di sana,” ujar Nikson dalam disertasinya berjudul ‘Perencanaan Pembangunan Berbasis Data Desa Presisi di Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara’ yang menghantarnya meraih gelar Doktor di Sekolah Pasca Sarjana Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Juni 2023 lalu

Selama memimpin Taput, ia menawarkan role model sesuai namanya,  NIKSON  (Needs, Innovation, Knowledge, Synergy, Operation and Norm) dalam perencanaan pembangunan daerah berbasis data presisi. Di mana tahapan proses perencanaan didasarkan pada diagnosa masalah yang tepat dalam penentuan tujuan dengan proyeksi by name, by address, dan by coordinate. “Saya siap maju sebagai bakal calon gubernur Sumut (bacagub) Sumut,” tandas Nikson yang telah meninggalkan 37 legacy (warisan) terbaik selama memimpin Taput, salah satunya adalah terwujudnya Bandara Silangit.

Sekedar informasi, selain Nikson Nababan, telah beredar ada 3 nama lain yang terjaring dalam bursa calon Gubernur Sumut 2024, yakni Edy Rahmayadi (Mantan Gubernur Sumut), Bobby Nasution (Walikota Medan), dan Musa Rajekshah alias Ijek (Ketua DPD I Partai Golkar Sumut).

Jurnalis Yang Pejabat & Pejabat Yang Jurnalis

Pemimpin Redaksi Lapiero TV, Emanuel Dapaloka (kanan) menjelaskan tentang Buku Pers Kristiani & Makna Kehadirannya

Julukan tersebut dikatakan oleh Ketum Perwamki, Stevano Margianto ketika menyampaikan sambutannya dalam acara talkshow Perwamki bertajuk “Penyampaian Visi Misi” Bakal Calon Gubernur Dr.Nikson Nababan. “Bang Nikson adalah mantan jurnalis. Kalau boleh saya juluki jurnalis yang pejabat, pejabat yang jurnalis. Sebagai ketua Perwamki saya mengapresiasi dan berterima kasih atas kinerja Bang Nikson selama menjabat sebagai Bupati Tapanuli Utara dalam 10 tahun. Dan kami yakin dengan pengalaman, kemampuan, dan kapasitasi yang Bang Nikson miliki mampu membawa perubahan untuk Sumatera Utara,” ujar  Margianto.

Penasehat Perwamki, Pdt. Dr Japarlin Marbun mendoakan Balon Gubernur Nikson Nababan

Sementara itu,  Pdt. Dr. Japarlin Marbun (Ketua BPH Sinode GBI Periode 2014-2018), juga memuji kinerja Nikson Nababan selama menjadi Bupati Tapanuli Utara. “Puji Tuhan, di Taput sekarang ini, banyak perubahan signifikan, mulai dari infrastruktur jalan, kemajuan sektor pertanian, juga pariwisata di era kepemimpinan Nikson,” tutur Pdt. Japarlin yang juga Ketua Umum Badan Musyawarah Antar Gereja Nasional (BAMAGNAS).

Japarlin yang juga penasehat Perwamki,  berharap agar rekan-rekan Jurnali dapat menyampaikan pemberitaan positif terkait keberhasilan Nikson ketika memimpin Tapanuli Utara selama 2 periode. Hal itu, menjadi modal besar dan branding yang baik untuk menjadi bakal calon Gubernur Sumut. “Saya berharap rekan-rekan wartawan dapat membuat berita-berita yang positif dan mendukung Nikson sebagai bakal calon Gubernur. Dengan cara membranding nama Nikson dan keberhasilannya sebagai Bupati Taput. Mari kita doakan sama-sama agar Nikson dapat ditetapkan menjadi cagub dan nantinya terpilih menjadi Gubernur Sumut,” ungkap Japarlin yang didaulat memimpin doa kepada Nikson.

Pada kesempatan tersebut, Perwamki memberikan Selendang Tenun khas Sumba, Buku “Pers Kristiani & Makna Kehadirannya”, serta Kemeja tactical berlogo Perwamki kepada bakal calon Gubernur Sumut Nikson. “Buku ini ditulis oleh rekan-rekan Jurnalis ketika pandemi covid 19 dalam rangka HUT Perwamki ke 17. Kami menuliskan dari berbagai sudut pandang terkait peran pers kristiani dalam membangun bangsa, masyarakat, dan khususnya dunia kekristenan,” tukas Emanuel Dapaloka yang juga salah satu pendiri , Mantan Ketum  dan Pembina Perwamki.

Salah satu pembina Perwamki, Jonro Munthe (tengah) dan Sekum Perwamki David Pasaribu (Kanan)

Sementara itu, Jonro Munthe salah satu pembina Perwamki dan Pemimpin Umum Majalah Narwastu turut mengapresiasi acara diskusi itu. Dan Jonro menegaskan agar seluruh media yang menjadi anggota PERWAMKI bisa mendukung Nikson Nababan untuk menjadi Calon Gubernur Sumatera Utara selanjutnya. “Kalau bukan kita yang mendukung, lantas siapa lagi,” pungkas Jonro. SM