HOSPITOUR 2024: Angkat Potensi Lokal Dukung Perkembangan Ekonomi Pariwisata

News, PENDIDIKAN192 Views

Victoriousnews.com,-Fakultas Hospitality dan Pariwisata Universitas Pelita Harapan (UPH) kembali mengadakan HOSPITOUR 2024, ajang kompetisi dan seminar nasional bagi para pemerhati pariwisata Indonesia. Diselenggarakan pada 24-29 Mei 2024, tahun ini HOSPITOUR mengusung tema “THRIVE – Tourism & Hospitality: Reimagining Innovation, Vision, and Experience.” Tema ini dipilih untuk mendorong

inovasi, visi, dan pengalaman baru dalam industri pariwisata dan perhotelan. Harapannya, UPH dapat mendorong pertumbuhan di pasar global yang terus berkembang dan sesuai dengan perubahan zaman. Melalui HOSPITOUR 2024, diharapkan kesadaran masyarakat meningkat untuk mendukung ekonomi berkelanjutan dengan mendorong usaha mikro di industri pariwisata Indonesia.

Setiap tahunnya, HOSPITOUR UPH selalu menghadirkan berbagai kompetisi yang diselenggarakan secara nasional. Tahun ini, HOSPITOUR menyelenggarakan 34 kompetisi untuk siswa, mahasiswa, mahasiswa pascasarjana, dan juga dosen. Beberapa di antaranya adalah kitchen competition, latte art competition, guiding competition, tour package competition, basketball, dan futsal competition. Peserta kompetisi berasal dari 39 institusi pendidikan pariwisata dari berbagai provinsi di Indonesia seperti Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan. Kompetisi

nasional ini semakin bergengsi dengan menghadirkan para juri bertaraf internasional dan mumpuni

dalam bidangnya.

Turut meresmikan HOSPITOUR 2024, Dr. (Hon.) Jonathan L. Parapak., M. Eng.Sc memberikan sambutannya. Ia menyatakan bahwa UPH akan senantiasa menghasilkan lulusan pariwisata yang unggul, sehingga siap menghadapi berbagai perubahan dan tantangan baru di dunia pariwisata Indonesia.

“Tema HOSPITOUR tahun ini adalah THRIVE yang berarti berkembang pesat, saya bisa merasakan ada semangat baru yang ingin UPH bawa untuk kemajuan dunia pariwisata Indonesia. Tentu, ke depannya pariwisata akan menghadapi berbagai tantangan baru dan era teknologi yang semakin canggih yang bisa kita jadikan peluang untuk kemajuan ekonomi pariwisata Indonesia. Kami di UPH selalu siap untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul yang siap berkontribusi menjadi sumber daya bagi kemajuan sektor pariwisata,” kata Rektor UPH dalam sambutan.

Dalam pembukaan acara, Prof. Dr. Diena Mutiara Lemy, A. Par., M.M., CHE., selaku Dekan Fakultas Hospitality dan Pariwisata UPH, menyatakan bahwa HOSPITOUR UPH merupakan bukti nyata bahwa FPAR UPH aktif dalam mendukung dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut serta menggerakkan ekonomi berkelanjutan dengan mendukung seluruh usaha mikro di industri pariwisata di Indonesia. & quot;Pariwisata itu jangan lagi dipandang sebelah mata, karena pariwisata itu banyak segmennya bukan hanya soal masak, tapi ada sisi manajerialnya juga. Serta, bagaimana cara kita meningkatkan potensi wisata dan budaya di satu kawasan agar bisa menjadi ekonomi berkelanjutan. Inilah semangat yang ingin ditunjukkan lewat HOSPITOUR UPH tahun ini. Mahasiswa di UPH selalu dibekali ilmu untuk berpikir kreatif dalam memajukan ekonomi berkelanjutan di sektor pariwisata Indonesia,” ujarnya.

Pamerkan Makanan Nusantara Lewat ‘Wonderful Story of Indonesia’

Selain ajang kompetisi, HOSPITOUR tahun ini juga pertama kalinya mengadakan pameran karya mahasiswa Perhotelan UPH. Pameran karya mahasiswa bertajuk ‘Wonderful Story of Indonesia’ diselenggarakan di Lobby Maxxbox Lippo Karawaci, pada 24-26 Mei 2024. Ajang ini menjadi wadah bagi mahasiswa Pengelolaan Perhotelan UPH untuk dapat menampilkan karya dan kemampuan mereka, serta menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan, ide, dan inovasi kepada publik. Ketua Program Studi Pengelolaan Perhotelan UPH, Dr. Amelda Pramezwary, A.Par., M.M., CHE menjelaskan, mahasiswa dibagi menjadi beberapa segmen, mulai dari pameran makanan nusantara, pertunjukkan tata cara makan tradisional, dan beberapa bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) miliki mahasiswa UPH. “Kita ada beberapa segmen, dan yang menarik adalah soal tampilan tata cara makan tradisional. Di sini yang harus dipahami, jangan melulu kita belajar soal table manner luar negeri, tapi kita harus tahu juga bagaimana tata cara makan di Indonesia yang punya kekhasan setiap daerahnya. Dalam pameran ini, kita tonjolkan daerah Sumatera Barat, Bali dan Jawa Barat,” jelasnya.

Salah satu mahasiswa Pengelolaan Perhotelan UPH angkatan 2022, Vanessa mengatakan, pameran tersebut dapat melatih dirinya untuk siap terjun di dunia kerja dan melihat apa saja yang menjadi potensi ekonomi pariwisata. “Kita siap kerja dan tahu bagaimana rencana kita dalam meningkatkan ekonomi pariwisata dengan segala kekayaan budaya dan kekhasan yang dimiliki oleh  Indonesia,” ungkapnya.

HOSPITOUR 2024 beri inspirasi dan hadirkan kesempatan berjejaring

HOSPITOUR 2024 juga mengadakan rangkaian lain, yakni seminar nasional yang mendatangkan tiga lumni Fakultas Hospitality dan Pariwisata UPH sebagai narasumber, yakni: 1. Nur Dewati, M. Par – Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga di Sekretariat Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) dan Alumni Magister Pariwisata UPH. 2. Arum Amelia, S. Tr.Par – Founder Sugar Bloom Atelier dan Alumni Pengelolaan Perhotelan UPH. 3. Griselda Feliciandria, S. Tr.Par – CEO dan Founder of Mentai by Rassa dan Alumni Pengelolaan Perhotelan UPH.

Ketiganya membahas peran penting dunia pendidikan dalam membangun bisnis UMKM dan juga sertifikasi SDM Pekerja Pariwisata yang saat ini telah diadakan oleh Kemenparekraf RI. Rangkaian HOSPITOUR 2024 lainnya adalah Career Day, di mana para mahasiswa ataupun alumni dapat melihat peluang pekerjaan di sektor pariwisata Indonesia. Career Day HOSPITOUR 2024 mendatangkan lebih dari 15 hotel bintang lima dan perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata seperti Aryaduta Group dan The Ritz-Carlton.

Fakultas Hospitality dan Pariwisata UPH terdiri dari tiga Prodi, yakni Program Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan, Sarjana Pariwisata, dan Magister Pariwisata; berharap bahwa rangkaian acara HOSPITOUR 2024 dapat menjadi inspirasi dan membangkitkan semangat bagi generasi muda

dalam mendukung ekonomi pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Melalui HOSPITOUR 2024, mahasiswa UPH dipersiapkan menjadi profesional muda yang kompeten, takut akan Tuhan, dan siap

berdampak positif bagi bangsa. Tentang Fakultas Hospitality dan Pariwisata UPH Fakultas Hospitality dan Pariwisata UPH terus berupaya memperlengkapi mahasiswa dan lulusannya untuk turut andil dalam pengembangan sektor pariwisata berkelanjutan melalui kurikulum yang holistis,fasilitas terbaik, dan juga program-program yang inovatif. *SM/rilis