Sukses Membangun Tapanuli Utara, Nikson Nababan Siap Maju Jadi Cagub Sumatra Utara

Profil451 Views

Victoriousnews.com,-Nama Dr.Drs.Nikson Nababan.M.Si belakangan ini menjadi perbincangan publik, khususnya masyarakat Tapanuli Utara (Taput) & Sumatra Utara. Pasalnya, selama 10 tahun (2 periode) Nikson, dinilai berhasil membangun Tapanuli Utara dari berbagai bidang. Melihat kesuksesannya sebagai seorang Bupati Taput, Nikson pun digadang-gadang untuk “naik kelas” maju jadi calon Gubernur Sumatra Utara dalam Pilkada serentak bulan November 2024 mendatang.  Tak berlebihan jika publik berharap Nikson agar maju menjadi Cagub Sumut. Karena ia  masuk dalam 5 besar survey sebagai  salah satu tokoh populer, disukai, dan memiliki elektabilitas tinggi di Sumut.

Ketika berdiskusi dengan sejumlah komunitas asal Sumut di Jakarta, Nikson pun menyampaikan sejumlah testimoni keberhasilannya sebagai Bupati dalam memimpin Tapanuli Utara. “Dulu, pendapatan asli daerah (PAD) di Taput hanya Rp30 milyar, kini sudah mencapai Rp180 milyar dan di 2025 diperkirakan bisa tembus ke Rp200 milyar,” ungkap Nikson dalam acara Ngobrol Santai Sambil Ngopi With Nikson di J-Zone Cafe, Jatiwaringin, Pondok Gede, beberapa waktu lalu.

Bupati Taput 2 periode, Dr. Drs.Nikson Nababan

Lanjut Nikson, keberhasilan menaikkan PAD ini tak lebih karena strategi yang tepat diterapkan dalam membangun Taput. “Selama menjadi Bupati, saya memiliki skala prioritas dan target kerja yang jelas. Mungkin belum sempurna, tapi setidaknya selama 10 tahun, perekonomian Taput telah melonjak, masyarakatnya lebih aktif dan berbagai usaha bisa dijalankan di sana,” ujar Pria kelahiran i Siborongborong, Sumatra Utara, 05 Oktober 1972 yang menyatakan siap sebagai Cagub Sumut.

Menurut Nikson  DNA Sumut ada dua yakni, perikanan dan pertanian. “Kedua hal harus mendapat perhatian besar, disamping mendorong sektor-sektor lain untuk terus berkembang, termasuk bagaimana kita menghadirkan investor, dalam dan luar negeri. Sektor pendidikan dan kesehatan mutlak harus dibangun. Karena faktanya selama ini, Sumut selalu ‘mengekspor’ sumber daya manusia (SDM) dan uang. Harusnya SDM produktif jangan keluar, tapi membangun Sumut. Begitu juga kita dorong agar uang masuk ke Sumut, bukan malah keluar,” tandas Bupati Taput 2 periode 2014- 2019 & 2019-2024.

Nikson yakin, jika Sumut  dibangun dengan hati dan keseriusan, maka akan terjadi perubahan besar yang membuat daerah tersebut menjadi unggulan. “Saya sudah petakan apa saja permasalahan di Sumut dan telah memiliki solusinya. Tinggal kita eksekusi saja bila ada kepercayaan rakyat,” tandas politisi PDIP ini.

Salah satu prestasi membanggakan bagi masyarakat Sumut, Nikson berhasil mewujudkan  bandara internasional Silangit yang dapat meningkatkan sumber pendapatan daerah, khususnya di bidang pariwisata dan transportasi.

Dukungan Mengalir Dari Berbagai Kalangan

Nikson menceritakan, bahwa  dua bulan lalu saat diundang oleh Kementerian Keuangan di Medan untuk menerima penghargaan, ia juga bertemu dan berdiskusi dengan berbagai komunitas, termasuk komunitas Melayu, tokoh senior partai, media massa, mahasiswa, dan mantan bupati, mereka mendukungnya maju sebagai calon gubernur Sumut. “Mereka menegaskan pentingnya Sumut memiliki pemimpin dengan gaya kepemimpinan seperti Nikson. Saya menjelaskan bahwa saya bupati Marhaen, yang tidak memiliki ambisi untuk menjadi kaya, hanya untuk melayani masyarakat. Jika mereka mendukung saya menjadi Gubernur Sumut, saya tidak akan memiliki kekayaan, tetapi mereka bersedia untuk berjuang bersama,” pungkas Nikson yang mengaku mendapatkan dukungan dari sejumlah ulama, Kiai, Pendeta dan sebagainya. SM