Religi

Ps Pengky Andu: Sukses Tahun 2020 Bersama Tuhan Dengan Kegigihan, Pengorbanan,Ketekunan & Kejujuran

Tahun 2020 ini penuh dengan tantangan. Setidaknya ada 4 tantangan besar yang akan kita hadapi pada tahun 2020 yaitu: Pertama, Kita akan menghadapi perubahan cepat, dinamis, besar dan global. Kedua, kita akan menghadapi ketidakmampuan atau sulit dalam memprediksi situasi. Ketiga, Kita akan menghadapi berita yang simpang-siur (tumpang tindih). Keempat, Kita akan menghadapi realitas atau kenyataan terlihat kabur (samar) dan sulit dibeberkan.

Melihat tantangan yang begitu besar pada tahun ini, tentu saja kita harus mempersiapkan masa depan (prepare the future) dengan cara yang efisien dan efektif. Apa yang dimaksud dengan efisien dan efektif? Efisien adalah melakukan sesuatu dengan benar. Sedangkan efektif adalah melakukan sesuatu yang benar. Melakukan secara efisien & efektif itu berarti melakukan sesuatu dengan benar dan dengan cara yang benar. Yakni: benar secara spiritual; benar secara emosional dan tepat secara relasional.

Saudara yang dikasihi Tuhan, jika membaca kitab Keluaran 13:17-22, mengisahkan tentang penyertaan Tuhan kepada bangsa Israel di padang gurun dalam bentuk tiang awan dan tiang api, maka kita dapat memetik pelajaran yang sangat berharga. Tiang api melambangkan kehadiran Tuhan di tengah umat-Nya (Kel. 13:21). Sedangkan tiang awan melambangkan kemuliaan Tuhan yang selalu menutupi kemah pertemuan. Kedua lambang kehadiran Tuhan tersebut terus terlihat dan menuntun bangsa Israel memasuki tanah perjanjian di bawah kepemimpinan Yosua. Tuhan bertindak sebagai seorang Gembala (Pemimpin yang luar biasa). Di tengah perjalanan padang gurun yang berbahaya itu, Tuhan tidak mengutus para malaikat-Nya, tetapi Tuhan sendirilah yang hadir dan memimpin perjalanan mereka.

Serupa dengan perjalanan bangsa Israel di padang gurun, maka hidup kita di dunia adalah sebuah proses mempersiapkan masa depan. Meskipun terkadang menakutkan tetapi juga sekaligus menyenangkan. Bagaimana kita dapat melewati semua tantangan dalam mempersiapkan masa depan kita? Tentu saja kita harus memiliki kegigihan (tujuan yang jelas,rencana yang jelas, persekutuan yang bersahabat). Kegigihan yang disertai keuletan, pengorbanan, ketekunan, dan kejujuran pasti melahirkan sebuah kesuksesan luar biasa. Kuncinya adalah persiapkan masa depan saudara dengan belajar dari kisah bangsa Israel yang mau berjalan dan dituntun oleh Tuhan. Jangan pernah takut gagal. Seseorang yang merasa gagal itu bukan berarti ditolak. Tetapi gagal karena merasa tidak mampu menindaklanjuti penolakan. Percayalah bahwa masa depan kita pasti sukses, jika menjadikan Tuhan sebagai pemimpin, pelindung, penuntun, dan penyertaanNya di tengah dunia yang penuh dengan tantangan. SM

READ  Pdt. Reymon M Laimeheriwa, MA., Th.M.,: YESUS ADALAH TUHAN & PASTI TAHU KEDATANGANNYA KEDUA KALI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *